3 Eks Wilayah Jajahan Israel yang Sulit Ditaklukkan Kembali, 2 di Antaranya Berada di Luar Palestina

Sabtu, 02 Desember 2023 - 14:01 WIB
loading...
3 Eks Wilayah Jajahan Israel yang Sulit Ditaklukkan Kembali, 2 di Antaranya Berada di Luar Palestina
Tentara Israel berpatroli di kota Kiryat Shmona, tempat terjadinya bentrokan antara Hizbullah dan tentara Israel, beberapa kilometer dari perbatasan Lebanon di Israel pada 21 Oktober 2023. Foto/Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency
A A A
GAZA - Ada sejumlah eks wilayah jajahan Israel yang sulit ditaklukkan kembali. Beberapa di antaranya berada di luar Palestina.

Israel mengumumkan kemerdekaan pada 1948. Sejak saat itu, secara perlahan mereka mulai memperluas pengaruh dengan mencaplok sejumlah wilayah Palestina dan negara-negara di sekitarnya.

Melihat ke belakang, ada sejumlah wilayah yang memang jatuh ke Israel. Misalnya seperti Semenanjung Sinai hingga Lebanon Selatan.

Pada perkembangannya, wilayah-wilayah tersebut memang sudah dikembalikan ke masing-masing negara pemilik asalnya. Namun, Israel sendiri tentu bakal kesulitan jika berniat merebut wilayah itu kembali.

Eks Wilayah Jajahan Israel yang Sulit Ditaklukkan Kembali

1. Jalur Gaza


Jalur Gaza selalu menjadi sasaran serangan Israel ke Palestina. Meski memiliki kendali atas perbatasan hingga wilayah udaranya, namun Israel belum bisa dikatakan menguasai Gaza sepenuhnya.

Hal ini tentu tak terlepas dari keberadaan kelompok pejuang Palestina, khususnya Hamas. Kendati berada dalam kepungan Israel, Hamas sendiri masih bisa terus bertahan dan melawan balik.

Sejarah telah mencatat bahwa Israel sendiri selalu kesulitan ketika ingin menaklukan Gaza. Berbeda dengan wilayah seperti Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang berada dalam kendali penuh, mereka belum bisa menegakkan kekuasaan di Gaza.

2. Semenanjung Sinai


Pada riwayatnya, Mesir dan Israel telah terlibat konflik militer dan diplomatik. Beberapa kali, Kairo sendiri bergabung dengan koalisi negara Arab untuk berperang melawan Tel Aviv.

Mengutip laman History, Israel sendiri lebih sering menang dalam peperangan melawan koalisi negara Arab. Pasca Six-Day War 1967, mereka bahkan berhasil menguasai Semenanjung Sinai yang sebelumnya berada dalam kendali Mesir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)