Hari Terakhir Gencatan Senjata, Hamas Bebaskan 16 Sandera Israel

Kamis, 30 November 2023 - 06:44 WIB
loading...
Hari Terakhir Gencatan Senjata, Hamas Bebaskan 16 Sandera Israel
Hamas bebaskan 2 wanita Rusia-Israel sebagai bagian dari kesepakatan perpanjangan gencatan senjata. Foto/NBC News
A A A
JALUR GAZA - Kelompok perlawanan Islam Hamas kembali membebaskan sandera Israel sebagai bagian dari gencatan senjata . Sebanyak 16 sanderda di Gaza telah diserahkan kepada pejabat Israel pada Rabu waktu setempat atau hari kedua dan terakhir perpanjangan gencatan senjata.

"Berdasarkan ketentuan kesepakatan yang dimediasi Qatar, 30 warga Palestina – 16 anak di bawah umur dan 14 perempuan – akan dibebaskan pada hari Rabu sebagai imbalannya," kata Majed Al-Ansari, juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (30/11/2023).

Ansari mengatakan dua warga negara Rusia dan empat warga negara Thailand dibebaskan di luar kerangka perjanjian, sementara 10 warga Israel yang dibebaskan termasuk lima orang yang memiliki kewarganegaraan ganda. Mereka adalah seorang warga negara ganda asal Belanda, yang juga masih di bawah umur, tiga asal Jerman, dan satu orang asal Amerika Serikat (AS).

Para sandera yang dibebaskan termasuk di antara sekitar 240 orang yang ditangkap oleh kelompok bersenjata Hamas saat melakukan serangan ke Israel selatan pada 7 Oktober, di mana Israel mengatakan 1.200 orang tewas. Sebagai balasan, Israel melakukan pemboman terhadap Gaza yang telah menewaskan lebih dari 15.000 warga Gaza, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong Palestina itu.



Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya mengidentifikasi dua wanita Rusia-Israel yang dibebaskan pada Rabu malam sebagai Yelena Trupanov (50) dan Irena Tati (73).

Video dari sayap bersenjata Hamas menunjukkan para perempuan tersebut diserahkan ke ICRC dan diusir dari Jalur Gaza.

Pembicaraan Perpanjangan Gencatan Senjata


Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Tel Aviv. Ini adalah kunjungan ketiganya ke wilayah tersebut sejak serangan 7 Oktober dan dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Israel untuk membahas perpanjangan gencatan senjata sementara dan meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Dua pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters bahwa pembicaraan terus berlanjut mengenai kemungkinan perpanjangan gencatan senjata, yang dijadwalkan berakhir pada Kamis pagi waktu setempat, namun belum ada kesepakatan yang dicapai.

Channel 12 Israel melaporkan bahwa Netanyahu akan mengadakan pertemuan keamanan pada Rabu malam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)