Perbandingan Israel dan Palestina saat Gencatan Senjata: Hamas Bebaskan Sandera, Israel Justru Berbuat Licik

Minggu, 26 November 2023 - 10:50 WIB
loading...
Perbandingan Israel dan Palestina saat Gencatan Senjata: Hamas Bebaskan Sandera, Israel Justru Berbuat Licik
Hamas bebaskan sandera berdasarkan kesepakatan gencatan senjata dengan Israel. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ada pemandangan berbeda dari kubu Israel dan Palestina ketika gencatan senjata berlangsung. Salah satunya justru berbuat licik seakan melanggar ketentuannya.

Sebelumnya, gencatan senjata telah disetujui masing-masing pihak. Meski belum bisa menghentikan konflik sepenuhnya, namun jeda tersebut setidaknya dapat meredakan situasi yang sebelumnya bergejolak.

Berkaitan dengan kesepakatan gencatan senjata, kubu Israel dan Hamas yang mewakili Palestina sendiri menanggapinya dengan berbeda. Berikut perbandingannya yang bisa disimak.

Perbandingan Israel dan Palestina ketika Gencatan Senjata

1. Palestina


Pada Jumat, (24/11/2023), Hamas membebaskan setidaknya 24 sandera. Kumpulan tawanan tersebut termasuk perempuan dan anak-anak Israel.

Selain itu, ada juga beberapa pekerja pertanian dari Thailand. Mengutip Reuters, para sandera dibebaskan dari Gaza kepada pihak berwenang di Mesir, tepatnya melalui Perbatasan Rafah.

Qatar yang menjadi mediator gencatan senjata menyebut ada sekitar 13 warga Israel yang sudah dibebaskan. Sisanya, ada 10 warga Thailand dan Filipina.

Lebih jauh, pembebasan tersebut baru awalan saja. Pada kesepakatan yang diraih bersama ketentuan gencatan senjata, nantinya bakal ada gelombang berikutnya terkait pemulangan dan pembebasan sandera.

2. Israel

Pada kubu Israel, mereka sebenarnya juga membebaskan sejumlah sandera warga Palestina. Namun, ada satu tindakan lain yang sempat dilakukan negara Yahudi tersebut.

Pasukan Israel dilaporkan sempat menembaki warga Palestina, padahal gencatan senjata tengah berlangsung. Mengutip Al Jazeera, setidaknya ada 2 warga Palestina yang tewas serta 11 lain luka-luka akibat penembakan tersebut.

Lebih jauh, warga Palestina ditembaki ketika hendak kembali ke rumahnya di Beit Lahiya, Jalur Gaza bagian utara. Dalam hal ini, pasukan Israel beralasan bahwa warga Palestina tidak mendengarkan peringatan sebelumnya.

Jadi, saat gencatan senjata diadakan, pasukan Israel memperingatkan warga Gaza yang mengungsi agar tidak kembali ke rumah. Namun, karena mereka menerobos masuk, maka pasukan Israel mulai menggunakan cara kekerasan dengan menembakinya.

Itulah perbandingan tindakan Israel dan Palestina saat gencatan senjata berlangsung.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)