alexa snippet

Sinyal Kapal Selam Argentina yang Hilang Terdeteksi

Sinyal Kapal Selam Argentina yang Hilang Terdeteksi
Argentina menyatakan sinyal kapal selam ARA San Juan yang hilang berhasil di deteksi. Foto/Istimewa
A+ A-
BUENOS AIRES - Harapan ditemukannya kapal selam Angkatan Laut Argentina dan ke-44 krunya dalam kondisi hidup membuncah. Pasalnya, Kementerian Pertahanan Argentina pada Sabtu malam mengatakan bahwa mereka berhasil mendeteksi tujuh upaya komunikasi dari kapal selam tersebut.

"Kami menerima tujuh sinyal dari panggilan satelit yang berasal dari kapal selam San Juan," kata Menteri Pertahanan Argentina, Oscar Aguad, di Twitter.

"Kami bekerja keras untuk menemukannya dan kami mengirimkan harapan kepada keluarga dari 44 awak kapal tersebut: bahwa mereka akan segera bisa mendapatkannya di rumah mereka," sambungnya seperti disitat dari New York Times, Minggu (19/11/2017).

Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan perusahaan Amerika yang mengkhususkan diri dalam komunikasi satelit untuk menentukan lokasi sinyal yang tepat.

"Ini mengubah segalanya. Ini tanda yang sangat penuh harapan karena ini menunjukkan setidaknya beberapa anggota awak masih hidup," kata Fernando Morales, pakar angkatan laut dan wakil presiden Navy League Argentina.

Morales lantas mengungkapkan untuk melakukan usaha komunikasi, kapal selam harus cukup dekat ke permukaan air untuk mengeluarkan antena.

"Ini harus bergerak relatif cepat sekarang," kata Morales, yang mencirikan upaya komunikasi tersebut sebagai berita optimis pertama sejak laporan kapal selam yang hilang mulai menguap di Argentina pada Jumat pagi.

Sebuah pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), sebuah pesawat tempur NASA dan kapal patroli kapal selam Inggris pada hari Sabtu bergabung dengan mencari kapal selam yang hilang, ARA San Juan.

Pencarian tersebut terhalang oleh angin kencang di perairan lepas pantai Patagonia, di mana kapal selam tersebut diyakini terdampar, kata beberapa pejabat.

Posisi kapal selam yang hilang itu berada di 240 mil laut dari pantai saat terakhir dilacak. Mereka melakukan perjalanan dari kota Patagoni Ushuaia ke Mar del Plata, di Provinsi Buenos Aires, untuk melakukan patroli keamanan rutin. Tiga kapal selam Argentina biasanya digunakan untuk memerangi penangkapan ikan secara ilegal.

Kapal selam tersebut meninggalkan Ushuaia pada 8 November dan dijadwalkan tiba di Mar del Plata pada hari Minggu, menurut Angkatan Laut.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top