Biden: Kesepakatan Penyanderaan Israel-Hamas Sangat Dekat

Rabu, 22 November 2023 - 05:15 WIB
loading...
Biden: Kesepakatan Penyanderaan Israel-Hamas Sangat Dekat
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut kesepakatan yang dimediasi Qatar untuk membebaskan beberapa sandera Israel yang ditahan pejuang Hamas “sangat dekat”.

Selama 24 jam sebelumnya, sumber-sumber Israel, Amerika, dan Palestina menyatakan kesepakatan sudah dekat.

Pejuang Hamas membawa sekitar 240 sandera ke Gaza selama serangan mereka pada tanggal 7 Oktober di Israel, dan sejak itu hanya membebaskan empat dari tawanan tersebut.



Kesejahteraan para sandera telah menjadi kekhawatiran utama masyarakat Israel, yang takut para sandera akan tewas atau terluka selama operasi udara dan darat pasukan kolonial Israel (IDF) yang sedang berlangsung di daerah kantong tersebut, atau dieksekusi sebagai respons terhadap serangan Israel.

Berbicara di Gedung Putih pada Selasa (21/11/2023), Biden mengatakan pembicaraan yang sedang berlangsung untuk membebaskan para sandera ini mungkin akan segera membuahkan hasil.

“Kami sekarang sangat dekat, sangat dekat,” ujar dia. “Kami mungkin bisa membawa pulang beberapa sandera ini secepatnya, tapi saya tidak ingin menjelaskan secara rinci karena tidak ada yang bisa dilakukan sampai semuanya selesai.”

“Kami telah mengerjakan hal ini secara intensif selama berminggu-minggu seperti yang Anda semua tahu,” lanjut Biden, seraya menambahkan, “Para pejabat AS telah berada di wilayah tersebut untuk melakukan perjalanan antar ibu kota.”

“Segalanya tampak baik saat ini,” tutup Biden.

Berita tentang kesepakatan yang akan datang dipatahkan oleh beberapa media AS pada Minggu dan Senin, dengan Axios melaporkan perjanjian tersebut akan membuat Hamas membebaskan 50 wanita dan anak-anak sebagai imbalan atas pembebasan 150 tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)