Perang Kota Membara, Tank-tank Israel Bergerak Lambat di Gaza

Jum'at, 10 November 2023 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Selama bentrokan pada tanggal 5 dan 6 November, tentara Israel memperluas garis kendali barat lautnya ke timur, sekitar tiga kilometer dari pantai ke daratan, menurut sumber Gaza.

Sumber di Gaza mengatakan kepada Middle East Eye bahwa, “Wilayah yang dikuasai tentara Israel di poros Beit Hanoun mencapai tiga kilometer ke arah selatan garis pagar pada 6 November.”

“Perang kota antara tentara Israel dan Palestina di daerah Beit Hanoun dimulai pada 31 Oktober,” ungkap sumber di Gaza tersebut.

“Tentara Israel bergerak lebih lambat di wilayah ini karena pertempuran yang sedang berlangsung di dalam dan sekitar Jalan al-Karamah,” papar mereka.

Sejauh ini, tentara Israel baru mengonfirmasi tewasnya 34 tentaranya di Gaza. Sebanyak 300 pejuang juga tewas dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober 2023 di Israel selatan yang memicu permusuhan saat ini.

Meskipun faksi-faksi Palestina di Gaza belum mengumumkan korban mereka, sumber-sumber Palestina mengatakan kepada MEE pada Rabu (8/11/2023) bahwa hingga 200 pejuang telah tewas dalam invasi darat, sebagian besar dari mereka adalah anggota Brigade al-Qassam.

Sementara itu, ketika tank-tank Israel mengambil posisi di beberapa daerah di Jalur Gaza, mereka juga menggunakan penembak jitu dan artileri untuk menargetkan warga sipil, menurut laporan Palestina.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang mempercepat operasi darat setelah pembagian Gaza menjadi dua bagian, mengatakan pada Senin bahwa pemerintahannya akan mengambil kendali keamanan Gaza tanpa batas waktu setelah perang.

Dia tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai rencana Israel pascaperang di Gaza.

Pernyataan Netanyahu, ditambah dengan desakan tentara untuk mengusir semua warga sipil ke wilayah selatan Kota Gaza, memperkuat spekulasi bahwa Gaza utara akan diduduki kembali pada akhir perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)