5 Negara Amerika Latin yang Jadi Pendukung Palestina, 3 Sudah Putuskan Hubungan dengan Israel

Kamis, 09 November 2023 - 14:17 WIB
loading...
5 Negara Amerika Latin yang Jadi Pendukung Palestina, 3 Sudah Putuskan Hubungan dengan Israel
Demonstran pendukung Palestina mengecam genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza, saat unjuk rasa di Caracas, Venezuela. Foto/Venezuelan Ministry of Peoples Power
A A A
CARACAS - Ada sejumlah negara Amerika Latin yang menjadi pendukung Palestina. Beberapa di antaranya bahkan sudah memutuskan hubungannya dengan Israel.

Serangan Israel terhadap Jalur Gaza semakin ganas. Banyaknya korban jiwa yang berjatuhan ini membuat sejumlah negara di dunia memberi reaksi.

Terbaru, bisa disebutkan seperti Bolivia yang berani memutus hubungan diplomatik dan menarik duta besarnya dari Israel. Selain Bolivia, ternyata masih ada beberapa negara Amerika Latin lain yang turut mendukung Palestina. Siapa sajakah mereka?

Negara Amerika Latin yang Mendukung Palestina

1. Venezuela


Venezuela memiliki riwayat panjang dalam hubungannya dengan Israel. Pada awal pendirian Israel, mereka menjadi salah satu negara yang menjalin hubungan diplomatik dan mendukung keanggotaan negara Yahudi itu di PBB.

Mengutip laman Middle East Monitor, Kamis (9/11/2023), seiring waktu hubungan tersebut berubah total. Saat era Presiden Hugo Chavez, Venezuela memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai tanggapan pengeboman Gaza tahun 2008-2009.

Tak hanya itu, mereka juga mengusir duta besar Israel beserta stafnya, hingga menutup kantor kedutaan besar di Caracas.

Setelah itu, Venezuela beralih menjalin hubungan diplomatik dengan Palestina dan memberikan akses untuk membuka kedutaan besar.

Sikap ini berlanjut di era pemerintahan Nicolas Maduro. Pemimpin Venezuela itu menegaskan posisinya sebagai pendukung Palestina dan mengutuk keras segala bentuk kekerasan dan tindakan kejam Israel.

2. Bolivia


Bolivia menjadi negara terbaru yang menunjukan dukungan tegas kepada Palestina. Beberapa waktu lalu, mereka baru saja memutuskan hubungan dengan Israel akibat serangan brutal yang terus terjadi di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)