Pukulan Telak Buat Israel, Rencana Bantuan Ditolak Kongres AS

Rabu, 08 November 2023 - 16:13 WIB
loading...
Pukulan Telak Buat Israel, Rencana Bantuan Ditolak Kongres AS
Kongres AS tolak rencana bantuan untuk Israel. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat memblokir upaya Partai Republik untuk mendapatkan persetujuan cepat atas rancangan undang-undang pemberian bantuan darurat kepada Israel yang disahkan DPR pekan lalu.

Namun, rancangan undang-undang tersebut tidak memberikan bantuan apa pun dalam perang Ukraina melawan Rusia.

"Waktu sangat penting dan penting bagi Senat untuk tidak menunda pemberian bantuan penting ini kepada Israel di lain waktu," kata Senator Partai Republik Roger Marshall seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/11/2023).

Partai Demokrat keberatan dan menekankan pentingnya memberikan bantuan kepada Ukraina dan Israel, selain bantuan kemanusiaan, pendanaan keamanan perbatasan, dan dana untuk melawan China di Indo-Pasifik. Semua itu masuk dalam permintaan pendanaan senilai USD106 miliar yang dikirimkan Presiden Joe Biden kepada Kongres bulan lalu.



Mereka juga menuduh anggota DPR dari Partai Republik memainkan politik dalam krisis di Israel, menunda bantuan untuk Negara Yahudi dengan mengaitkan dukungan dengan memotong dana untuk Internal Revenue Service, target favorit Partai Republik, daripada menulis rancangan undang-undang bipartisan.

RUU DPR akan menyediakan USD14,3 miliar untuk Israel sebagai respons terhadap serangan mematikan yang dilakukan militan Hamas pada 7 Oktober, namun juga memotong jumlah uang yang sama dari IRS.

Dana tersebut akan mencakup USD4 miliar untuk pengadaan sistem pertahanan Iron Dome Israel dan David’s Sling untuk melawan ancaman roket jarak pendek serta beberapa transfer peralatan dari persediaan AS.



“Sekutu kami di Ukraina tidak bisa menunda lebih lama lagi dibandingkan sekutu kami di Israel,” kata Senator Patty Murray, yang mengetuai Komite Alokasi Senat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)