Hassan Nasrallah: Hizbullah Masuk Perang pada 8 Oktober hingga Hamas Menang

Sabtu, 04 November 2023 - 06:50 WIB
loading...
Hassan Nasrallah: Hizbullah Masuk Perang pada 8 Oktober hingga Hamas Menang
Pendukung Hizbullah bersorak ketika Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah muncul melalui tautan video, dalam rapat umum memperingati pejuang Hizbullah yang terbunuh di Lebanon Selatan beberapa pekan terakhir saat berperang melawan pasukan Israel, di
A A A
BEIRUT - Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan pada Jumat (3/11/2023) bahwa pasukannya akan melanjutkan pertempuran mereka dengan militer Israel sampai Hamas mencapai kemenangan di Gaza.

Nasrallah memperingatkan serangan terhadap Lebanon akan menjadi “kesalahan paling bodoh” dalam sejarah Israel.

“Apa yang terjadi di Gaza saat ini bukan sekadar perang; ini adalah pertempuran bersejarah yang menentukan dengan konsekuensi yang akan membentuk kembali masa depan,” tegas Nasrallah dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

Tujuan Hizbullah dalam pertempuran ini, katanya, adalah untuk “menghentikan agresi” di Gaza dan memastikan Hamas “meraih kemenangan” melawan Israel.

Pidato Nasrallah adalah yang pertama sejak pejuang Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Pemimpin Hizbullah tersebut mengatakan kelompoknya tidak terlibat dalam perencanaan serangan tersebut, namun mengambil kesempatan “memasuki pertempuran” pada hari berikutnya.

Pada hari-hari awal perang, Hizbullah membatasi aktivitasnya pada serangan roket dan senjata ringan sporadis ke Israel dari wilayah Lebanon, dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membalasnya dengan serangan artileri dan drone.



Pertempuran ini frekuensi dan intensitasnya semakin meningkat selama dua pekan terakhir, dan pasukan IDF disiagakan menjelang pidato Nasrallah, karena takut pemimpin militan tersebut akan mengumumkan operasi besar melawan Negara Yahudi.

Tidak ada pengumuman seperti itu yang datang. Nasrallah mengatakan pasukannya telah berkontribusi dalam pertempuran sejauh ini dengan menempatkan sepertiga pasukan tempur Israel dan hampir setengah aset angkatan lautnya di dekat perbatasan Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)