Menteri Pertahanan AS Kunjungi Indonesia, India, dan Korea Selatan

Jum'at, 03 November 2023 - 12:50 WIB
loading...
Menteri Pertahanan AS Kunjungi Indonesia, India, dan Korea Selatan
Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III akan memulai kunjungannya ke India, Korea Selatan, dan Indonesia pekan depan.

Sebagai bagian dari kunjungan resminya yang kesembilan ke kawasan Indo-Pasifik, Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke India untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh guna membahas perluasan kerja sama industri pertahanan, meningkatkan interoperabilitas, dan memajukan inovasi melalui program India-US Defense Acceleration Ecosystem (INDUS-X).

Menhan Austin dan Menhan Singh juga akan berpartisipasi dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2 yang kelima bersama Menteri Luar Negeri AS Antony J Blinken dan Menteri Luar Negeri India Dr S Jaishankar.

Setelah Pertemuan Tingkat Menteri, Menteri Luar Negeri AS Blinken dan Menhan Austin akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi.

Menhan Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk bertemu Menteri Pertahanan Nasional Shin Wonsik dan para pemimpin senior Korsel lainnya, termasuk menghadiri Pertemuan Konsultatif Keamanan tahunan ke-55 dan Pertemuan Menteri Pertahanan Negara-negara Anggota Komando ROK-PBB yang pertama.

Dia juga akan bertemu dengan para komandan militer dan anggota militer AS di Semenanjung Korea, untuk menegaskan kembali komitmen kuat AS dalam upaya pencegahan terhadap serangan ke Korea Selatan.

Menhan Austin juga akan menghadiri peringatan Hari Veteran di Seoul dan bertemu dengan para tentara yang pengabdian dan pengorbanannya telah memelihara perdamaian dan keamanan di seluruh wilayah selama beberapa dekade.



Menhan Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-10.

Selama di Jakarta, Menhan AS akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat untuk membahas peluang perluasan hubungan kerja sama keamanan ASEAN-AS, setelah satu tahun pencanangan peningkatan hubungan kerjasama menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Menhan Austin juga akan bertemu dengan rekan-rekan di kawasan untuk menyampaikan komitmen mendalam Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitranya dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Kunjungan Menteri Pertahanan AS yang keempat ke kawasan Indo-Pasifik tahun ini, dan yang kesembilan sejak menjadi Menteri Pertahanan, dilakukan karena Amerika Serikat bersama dengan para sekutu dan mitra AS di seluruh Indo-Pasifik terus memelihara momentum bersejarah menuju visi bersama kawasan untuk perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)