5 Alasan Pemimpin Hizbullah Akan Menyatakan Perang Terhadap Israel, Salah Satunya Momen Perang yang Eksistensial

Jum'at, 03 November 2023 - 02:02 WIB
loading...
A A A
Terlepas dari kekhawatiran warga Lebanon, para pengungsi Palestina di negara tersebut mengatakan bahwa mereka ingin Hizbullah mengintensifkan serangan terhadap Israel, yang dapat disahkan oleh Nasrallah dalam pidatonya.

Ahed Bahr, seorang anggota partai politik Palestina di Lebanon, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia berharap gambar anak-anak yang meninggal di Gaza akan memaksa “poros perlawanan” untuk meningkat melawan Israel dari berbagai lini, termasuk Lebanon.

“Ini adalah kesempatan untuk akhirnya membebaskan Palestina,” katanya dari Sabra dan Shatila, dua lingkungan yang merupakan lokasi kamp pengungsi di ibu kota Lebanon, Beirut. “Negara-negara Arab akhirnya bisa membantu Palestina, tapi sebagian besar tidak berbuat apa-apa.”

Jadi akankah Hizbullah dan sekutunya meningkatkan serangan terhadap Israel?

Pejuang yang didukung Iran di Suriah dan Irak diyakini bertanggung jawab meluncurkan beberapa roket dan drone ke aset dan personel AS di wilayah tersebut. Serangan tersebut tampaknya merupakan pembalasan atas dukungan Amerika terhadap serangan Israel di Gaza.

Meskipun tidak ada personel militer AS yang terbunuh, Washington membalasnya dengan serangan udara yang menargetkan para pejuang di dekat perbatasan Suriah-Irak. AS juga telah memperingatkan Hizbullah agar tidak meningkatkan serangan terhadap Israel.

Alih-alih menanggapi, Nasrallah malah bungkam selama tiga minggu. Sampai sekarang.

“Rasanya seperti ada keputusan besar dari ‘poros perlawanan’ yang akan datang,” kata Mohamad. “Keputusan itu bisa diambil pada hari Jumat.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)