alexa snippet

Iran: Manuver Drone Kami Tidak Berbahaya

Iran: Manuver Drone Kami Tidak Berbahaya
Garda Revolusi Iran (IRGC) menyatakan, manuver yang dilakukan oleh drone milik mereka di selat Hormutz tidak berbahaya. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Garda Revolusi Iran (IRGC) menyatakan, manuver yang dilakukan oleh drone milik mereka di selat Hormutz tidak berbahaya. Ini merupakan respon atas pernyataan Komando Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) soal manuver drone milik IRGC.

IRGC mengatakan, mereka menjalankan misi patroli udara di zona identifikasi pertahanan udara Iran (ADIZ), setiap hari dan sesuai dengan peraturan internasional yang berlaku saat ini.

"Satuan Pengawal Revolusi dilengkapi dengan sistem navigasi standar dan dikendalikan secara profesional," kata IRGC dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (15/8).
IRGC kemudian menuduh kapal induk AS tidak memiliki sistem identifikasi dan pengintaian yang mumpuni.

Sebelumnya diwartakan, Komando Pasukan Angkatan Laut AS mengatakan sebuah drone yang diduga kuat milik militer Iran membayangi kapal induk AS di Selat Hormutz.  Drone tersebut terbang 300 meter dari kapal induk tersebut.

Juru Bicara Komando Pasukan Angkatan Laut AS, Letnan Ian McConnaughey menyatakan pihaknya menilai manuver yang dilakukan drone Iran tersebut tidak profesional, dan sangat berbahaya.

"Pesawat tak berawak Iran melakukan pendekatan yang tidak aman dan tidak profesional saat melewati kapal induk AS USS Nimitz tanpa lampu navigasi pada hari Minggu," kata McConnaughey.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top