RI dan Malaysia Harus Tunjukkan pada Dunia Islam yang Moderat

Selasa, 15 Agustus 2017 - 12:40 WIB
RI dan Malaysia Harus Tunjukkan pada Dunia Islam yang Moderat
RI dan Malaysia Harus Tunjukkan pada Dunia Islam yang Moderat
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Malaysia harus bisa menunjukkan kepada dunia internasional, bagaimana Islam yang moderat. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Malaysiauntuk Indonesia Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim.
Berbicara saat jamuan makan malam yang digelar Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia di salah satu hotel di bilangan Depok, Zahrain mengatakan, militer Malaysia dan Indonesia harus bekerjasama untuk memerangi ekstrimisme. Selain itu, Malaysia dan Indonesia juga harus bisa menunjukan kepada dunia, apa yang diperlihatkan estrimis bukanlah Islam yang sebenarnya.
"Ancaman terhadap keamanan, khususnya dari ekstrimis-ekstrimis yang ada menyusahkan kita semua. Kita memiliki banyak persamaan nilai, terlebih dari sisi agama Islam, di mana agama Islam ini adalah satu agama yang moderat," ucap Zahrain.
"Kita harus menunjukan kepada dunia, Indonesia dan Malaysia harus bekerjasama untuk mengatasi isu-isu ekstrimis yang menggunakan nama Islam," sambungnya.
Sementara itu, di kesempatan yang sama dia juga menyingung mengenai hubungan Malaysia dan Indonesia. Dia menuturkan, masih banyak tantangan dan persoalaan yang harus diselesaikan kedua negara.
Dia menyebutkan, hal ini meliputi masalah perbatasan, baik darat maupun laut yang sampai saat ini masih belum selesai. Lalu, selanjutnya adalah masalah perdagangan, dan terakhir adalah masalah TKI. Masalah TKI menjadi masalah paling pelik, mengingat Malaysia menjadi tujuan utama TKI bekerja, baik secara legal ataupun ilegal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)