Hamas Serukan Umat Islam Gelar Demonstrasi Dukung Palestina setelah Salat Jumat

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:20 WIB
loading...
Hamas Serukan Umat Islam Gelar Demonstrasi Dukung Palestina setelah Salat Jumat
Hamas menyerukan demonstrasi mendukung Palestina di seluruh dunia. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas telah menyerukan demonstrasi umum di seluruh dunia. Secara khusus, mereka menginginkan agar Umat Islam di berbagai belahan dunia untuk memberikan dukungan kepada perjuangan Palestina setelah Salat Jumat

“Kami menyerukan kepada rakyat Palestina, rakyat Arab dan Islam, dan rakyat bebas di dunia untuk bersatu demi kepulangan dan menolak pengungsian besok, Jumat,” demikian keterangan Hamas, dilansir Al Jazeera.

Selain itu, Hamas juga menyerukan hari Minggu untuk menjadi “hari solidaritas global bagi anak-anak Gaza”.

Sementara itu, Pasukan Israel menahan juru bicara terkemuka Hamas Sheikh Hassan Yousef di rumahnya di Tepi Barat. Hal itu diungkapkan Klub Tahanan Palestina, sebuah organisasi non-pemerintah yang mengatakan bahwa mereka berdedikasi untuk mengatasi kekhawatiran para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

“Pasukan pendudukan menangkap pemimpin Hamas Sheikh Hassan Yousef dari rumahnya di Beitunia, sebagai bagian dari kampanye penangkapan besar-besaran di wilayah pendudukan Tepi Barat,” demikian pernyataan Klub Tahanan Palestina.

Siapakah Sheikh Hassan Yousef? Dia adalah tokoh politik Palestina terkemuka, menjabat sebagai juru bicara resmi Hamas di Tepi Barat dan memegang kursi di Dewan Legislatif Palestina.

Dia bertindak sebagai juru bicara selama intifada pertama dan menjadi tamu tetap di media internasional pada tahun 1993. Dia telah ditangkap oleh pasukan Israel pada beberapa kesempatan dan telah menghabiskan total 24 tahun di penjara Israel atas berbagai tuduhan penghasutan, memasuki Yerusalem tanpa izin. dan karena menjadi anggota Hamas.

Pada hari Rabu, Yousef berpartisipasi dalam protes di Tepi Barat, mengungkapkan kekagumannya yang mendalam terhadap rakyat Palestina, dan mendesak persatuan di antara semua faksi Palestina, menurut sebuah video yang diperoleh CNN.



Tidak jelas apa alasan penahanannya dan apakah alasan tersebut terkait dengan pernyataannya selama protes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)