AS Kirim Pesawat Terbesar di Dunia untuk Angkut Iron Dome Israel

loading...
AS Kirim Pesawat Terbesar di Dunia untuk Angkut Iron Dome Israel
Pesawat Airlines Antonov An-225 Mriya mendarat di Bandara Ben Gurion, timur Tel Aviv, Israel. Foto/Memo
A+ A-
TEL AVIV - Pesawat terbesar di dunia, Antonov An-225, mendarat di bandara Tel Aviv yang membawa kargo truk militer Amerika Serikat (AS) untuk mengangkut sistem pertahanan udara Israel.

Pesawat buatan Rusia itu mengangkut truk-truk OshKosh yang membawa sistem baterai pertahanan rudal Iron Dome sebelum meninggalkan Israel.

“Unit untuk Transportasi Internasional Direktorat Produksi dan Pengadaan di Kementerian Pertahanan (Kemhan) Israel terlibat dalam membawa pesawat Antonov ke Israel,” papar pernyataan Kemhan Israel.

Pesawat itu sebelumnya pernah mendarat di Israel pada 2008.

Pesawat kargo udara strategis bertenaga enam mesin turbofan itu mampu mengangkut bobot hingga 640 ton dan sebelumnya didesain untuk membawa pesawat ulang alik Rusia oleh Biro Desain Antonov di Ukraina SSR di Uni Soviet selama 1980-an. (Baca Juga: Israel Bombardir Damaskus, Sistem Rudal Suriah Beraksi)



Tahun lalu, Angkatan Darat AS membeli dua baterai dari Rafael Advanced Defence Systems yang termasuk 12 peluncur, dua sensor, dua pusat manajemen tempur dan 240 pencegat, dengan harga USD1,5 miliar. (Baca Infografis: Ilmuwan China Lari ke AS: Covid-19 Dibuat di Lab Militer China)

Sistem mobile penuh itu dapat membawa 10 kilogram bahan peledak dan dapat mencegat proyektil yang datang dari jarak empat hingga 70 km. (Lihat Video: Tiga Pelajar SMA Rampok Toko Emas Ingin Beli Telepon Genggam Untuk Sekolah Online)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top