Pilih Rawat Pasien, Dokter di Jalur Gaza Tolak Perintah Israel Tinggalkan RS

Minggu, 15 Oktober 2023 - 08:40 WIB
loading...
Pilih Rawat Pasien, Dokter di Jalur Gaza Tolak Perintah Israel Tinggalkan RS
Sejumlah dokter dan petugas medis di rumah sakit Jalur Gaza menolak perintah evakuasi Israel dan memilih merawat pasien. Foto/Ilustrasi
A A A
JALUR GAZA - Meskipun ada ancaman Israel bahwa rumah sakit mereka akan dibom, para dokter di Al Awda, Jalur Gaza terus menyelamatkan nyawa.

Dr Nisreen al-Shorafa hanya tidur 10 jam selama tujuh hari terakhir.

Ahli bedah berusia 30 tahun ini mengelola ruang gawat darurat di Rumah Sakit Al Awda di Tal al-Zaatar, antara Beit Lahia dan Beit Hanoun, dan dia tidak dapat mengingat kapan dia harus bekerja lebih keras.

Mendedikasikan diri sepenuhnya untuk membantu menyelamatkan orang-orang yang selamat dari pemboman Israel yang tiada henti, dia telah mendorong dirinya melampaui apa yang dia pikir bisa dia lakukan.

Pada hari Sabtu, rumah sakit mulai menerima panggilan peringatan dari militer Israel. Pesannya sangat jelas dan tidak menyenangkan: Rumah sakit harus dievakuasi karena akan dibom.

“Saya yakin mereka (tentara Israel) bangga pada diri mereka sendiri, mengancam akan mengebom rumah sakit tersebut,” kata perawat warga Asala al-Batsh.

“Mereka bersikeras agar semua orang dan segalanya bergerak. Seluruh personel rumah sakit, semua pasien, termasuk yang berada di ICU, dan jenazah di kamar mayat,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (15/10/2023).



Setelah mencoba menjelaskan kepada tentara Israel melalui telepon tentang ketidakmanusiawian dan ketidakmungkinan mengeluarkan semua orang dari rumah sakit dan menuju ke selatan, tim tersebut menyerah.

“Kami memutuskan untuk tidak pergi,” kata al-Shorafa.

“Dewan direksi rumah sakit tidak tahu apakah kami akan dibom atau tidak. Tapi mereka yakin kami melakukan hal yang benar," tegasnya.

“Kami benar sekali dalam mengindahkan panggilan tugas; sebagai dokter, sebagai perawat, kita semua perlu bersatu di saat seperti ini,” imbuhnya.

Al Awda Artinya 'Kembali'


Selain bekerja sepanjang waktu untuk merawat semua orang terluka yang datang melalui pintu tersebut, rumah sakit juga telah membuka pintunya bagi mereka yang melarikan diri dari kehancuran dan mencari tempat yang mereka harap merupakan tempat yang aman untuk berlindung.

Banyak orang takut untuk memenuhi permintaan Israel agar mereka menuju ke selatan karena konvoi evakuasi orang-orang terkena serangan, dan semua orang di rumah sakit – dokter, pasien, petugas medis – takut jika mereka mencoba pergi, mereka akan terbunuh di jalan.

Maka mereka berkumpul bersama, kurang tidur dan kekurangan makanan dan air.

Rumah sakit mengatakan mereka telah menerima dukungan dari orang-orang yang tinggal di sekitarnya yang membawa makanan dan persediaan dasar untuk pasien dan orang-orang yang mencari perlindungan.



“Bekerja di rumah sakit, kami hampir tidak punya waktu untuk makan pada hari biasa, jadi hal tersebut jelas bukan prioritas kami saat ini,” kata perawat lainnya, menjelaskan bahwa bantuan apa pun digunakan untuk pasien.

Semua rumah sakit di Jalur Gaza melebihi kapasitasnya, sampai-sampai pasien terbaring di koridor dan jenazah harus disimpan di truk makanan atau es krim berpendingin dan dijajarkan di trotoar sebelum dimakamkan karena kamar mayat sangat penuh.

Kementerian Kesehatan Palestina telah beberapa kali mendesak masyarakat internasional untuk melakukan intervensi, namun tidak ada tanggapan atau bantuan yang datang.

“Kami berupaya semaksimal mungkin, namun terdapat kekurangan yang besar, terutama di ruang gawat darurat, yang merupakan lini pertama kami dalam merespons orang-orang yang datang. Kadang-kadang kami berada di garis antara hidup dan mati,” ucap al-Shorafa.

“Kami bekerja sangat keras,” katanya, suaranya pecah.

“Kami benar-benar melakukan segala yang kami bisa, namun terkadang seorang pasien akan meninggal… rasanya begitu banyak orang meninggal setiap hari sejak awal perang ini," tuturnya.

“Ini sangat sulit, kami merasa benar-benar tidak berdaya,” katanya saat air mata mengalir perlahan di pipinya yang kelelahan.



(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)