Pakar Militer: Israel Akan Hadapi Perang Kota yang Berdarah di Gaza

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 15:54 WIB
loading...
Pakar Militer: Israel Akan Hadapi Perang Kota yang Berdarah di Gaza
Tentara Israel akan menghadapi banyak kesulitan dalam serangan darat ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang darat yang dilakukan Israel akan memicu bencana bagi negara tersebut. Itu dikarenakan Israel tidak akan mampu mengalahkan pejuang Hamas yang menguasai Gaza.

"Israel sedang mempersiapkan serangan darat yang kemungkinan akan mengakibatkan banyak korban jiwa, yang keberhasilannya tidak boleh dianggap remeh," kata analis keamanan internasional Yusuf Alabarda, dilansir Al Jazeera.

“Israel akan mencoba membubarkan Hamas dan [mengevakuasi] warga sipil, namun kenyataan di lapangan tidak sesederhana itu,” kata Alabarda kepada Al Jazeera.

Hamas diperkirakan menahan lebih dari 100 tawanan di Gaza dan kemungkinan akan mampu menangkap tentara Israel saat pertempuran perkotaan berkecamuk, kata analis tersebut.



Israel telah memerintahkan 1,1 juta penduduk untuk mengungsi di bagian utara Jalur Gaza menjelang serangan darat yang mungkin terjadi.

“Mengklaim bahwa 1,1 orang dapat berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain adalah hal yang mudah untuk diucapkan namun sulit dilakukan, karena kurangnya bahan bakar dan listrik,” kata Alabarda.

Dia menambahkan bahwa beberapa dari mereka kemungkinan besar akan mendukung Hamas selama pertempuran di perkotaan.

Sementara itu, Pasukan Israel yang memasuki Jalur Gaza pada Jumat (13/10/2023) untuk melakukan “penggerebekan lokal” menemukan dan menemukan sisa-sisa orang yang hilang sejak pembantaian Hamas pada hari Sabtu.

Haaretz melaporkan pada hari Jumat bahwa pasukan lapis baja dan infanteri yang masuk ke daerah kantong Palestina, di mana sekitar 150-200 orang disandera oleh Hamas, mengambil mayat-mayat yang jumlahnya tidak diketahui dan menemukan beberapa barang milik orang-orang yang masih hilang sejak serangan hari Sabtu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)