Sebelum Invasi ke Israel, Pejuang Hamas Berlatih di dekat Perbatasan selama 2 Tahun

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 08:57 WIB
loading...
Sebelum Invasi ke Israel, Pejuang Hamas Berlatih di dekat Perbatasan selama 2 Tahun
Hamas telah berlatih selama 2 tahun di dekat perbatasan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas berlatih untuk melakukan serangan mematikan di depan mata dan kurang dari satu mil dari perbatasan Israel. Mereka sudah berlatih selama dua tahun sebelum mereka menginvasi Israel.

Dalam video yang dirilis pada bulan Desember 2022, para pejuang Hamas terlihat membanjiri area pelatihan, menembakkan roket, dan menangkap tahanan palsu saat mereka mengelilingi bangunan tiruan Israel.

Analisis CNN menunjukkan bahwa kamp tersebut baru saja dibangun dan terletak sangat dekat dengan Erez Crossing, jalur pejalan kaki antara Gaza dan Israel yang akhirnya ditembus oleh pejuang Hamas akhir pekan lalu dalam serangan berdarah – yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di Israel.

Video lain yang diambil lebih dari setahun yang lalu, menunjukkan para pejuang Hamas berlatih lepas landas, mendarat, dan menyerang dengan paralayang – cara yang tidak biasa yang dilakukan Hamas dengan efek mematikan dalam serangan yang sama pada tanggal 7 Oktober.

Investigasi CNN menganalisis pelatihan dan video propaganda selama hampir dua tahun yang dirilis oleh Hamas dan afiliasinya untuk mengungkap persiapan berbulan-bulan sebelum serangan minggu lalu, dan menemukan bahwa para militan dilatih untuk melakukan serangan di setidaknya enam lokasi di Gaza.



Dua dari lokasi tersebut, termasuk lokasi pelatihan gersang yang ditampilkan dalam video bulan Desember, berjarak lebih dari satu mil dari bagian perbatasan Gaza-Israel yang paling dijaga dan dipatroli. Dari lokasi yang tersisa: satu terletak di Gaza tengah, dan tiga lainnya di ujung selatan Gaza.

Citra satelit selama dua tahun, yang juga ditinjau oleh CNN, tidak menunjukkan indikasi tindakan ofensif militer Israel terhadap salah satu dari enam lokasi yang diidentifikasi.

Tidak hanya ada aktivitas dalam beberapa bulan terakhir di kamp-kamp tersebut, namun beberapa kamp juga menyerap lahan pertanian di sekitarnya, mengubahnya dari pertanian menjadi area tandus untuk pelatihan dalam dua tahun terakhir, menurut citra satelit.

Setelah serangan kejam Hamas – di mana para militan menculik hingga 150 orang, menyerbu pangkalan militer Israel, dan menghancurkan kota-kota dan pertanian – muncul pertanyaan tentang kegagalan intelijen dan operasional aparat keamanan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)