alexa snippet

Petinggi Kurdi Sebut Bos ISIS Masih Hidup

Petinggi Kurdi Sebut Bos ISIS Masih Hidup
Pejabat anti-teroris Kurdi, Lahur Talabany menyatakan pihaknya yakin pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi saat ini masih hidup. Foto/Reuters
A+ A-
BAGHDAD - Pejabat anti-teroris Kurdi, Lahur Talabany menyatakan pihaknya yakin pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi saat ini masih hidup. Baghdadi, lanjut Talabany, saat ini berada di Suriah.

"Saya yakin 99 persen bahwa pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi masih hidup, dan berada di sebelah selatan kota Raqqa, Suriah," kata Talabany, seperti dilansir Reueters pada Senin (17/7).

Dia kemudian mengatakan, setelah menderita kekalahan yang cukup, ISIS akan kembali melakukan pemberontakan dan mereka akan mencoba kembali bangkit, layaknya al-Qaeda dahulu kala, tapi dengan kekuatan yang lebih besar.

Sebelumnya diwartakan, seorang sumber ISIS mengkonfirmasi al-Baghdadi telah tewas. Begitu laporan saluran TV Al Sumaria mengutip sumber di Provinsi Nineveh, Irak.

Menurut sumber tersebut, ISIS mengeluarkan sebuah pernyataan singkat, di mana mereka melaporkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi serta nama "khalifah baru".

Kelompok pemantau Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia lalu mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi mengenai informasi kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. 

"Kami telah mengkonfirmasi informasi dari para pemimpin, termasuk salah satu pejabat tinggi seorang warga Suriah yang berbasis di pedesaan timur Deir al-Zor," kata pemimpin observatori, Rami Abdulrahman.




(esn)
loading gif
Top