Ketegangan Terus Memuncak, India Kembali Usir 41 Diplomat Kanada

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:51 WIB
loading...
Ketegangan Terus Memuncak, India Kembali Usir 41 Diplomat Kanada
India mengusir diplomat Kanada sebagai bentuk protes. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - India telah memberi tahu Kanada bahwa mereka harus memulangkan 41 diplomat paling lambat 10 Oktober 2023.

Hubungan antara India dan Kanada menjadi sangat tegang karena kecurigaan Kanada bahwa agen-agen pemerintah India berperan dalam pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh dan warga negara Kanada, Hardeep Singh Nijjar pada bulan Juni di Kanada, yang oleh India dicap sebagai "teroris".

India menolak tuduhan tersebut dan menganggapnya tidak masuk akal.

Melansir Financial Times, mengutip orang-orang yang mengetahui tuntutan India, mengatakan India telah mengancam akan mencabut kekebalan diplomatik para diplomat yang diperintahkan untuk pergi setelah 10 Oktober.

Kanada memiliki 62 diplomat di India dan India mengatakan bahwa jumlah diplomatnya harus dikurangi sebanyak 41 orang. Kementerian luar negeri India dan Kanada tidak segera menanggapi permintaan komentar.



Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan sebelumnya ada “iklim kekerasan” dan “suasana intimidasi” terhadap diplomat India di Kanada, di mana kehadiran kelompok separatis Sikh telah membuat frustrasi New Delhi.

Sementara itu, Kanada adalah rumah bagi komunitas Sikh yang berpengaruh, dan para pemimpin India mengatakan beberapa kelompok pinggiran di sana masih bersimpati terhadap perjuangan negara Sikh yang merdeka. Perjuangan ini hampir tidak mendapat dukungan di India.

Isu Khalistan telah muncul berkali-kali di India, yang paling menonjol adalah pada masa pemberontakan dengan kekerasan pada tahun 1980an dan 1990an yang melumpuhkan negara bagian Punjab selama lebih dari satu dekade.

Pemberontakan tersebut menewaskan puluhan ribu orang dan gerakan Khalistan dianggap sebagai ancaman keamanan oleh pemerintah India. Militan Sikh disalahkan atas pemboman pesawat Boeing 747 Air India yang terbang dari Kanada ke India pada tahun 1985 yang menewaskan 329 orang di dalamnya.

Perdana Menteri India Indira Gandhi dibunuh pada tahun 1984 oleh dua pengawal Sikh setelah dia membiarkan penyerbuan kuil paling suci Sikh, yang bertujuan untuk mengusir separatis Sikh.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)