7 Cara Menghindari Zina dengan Mudah, Salah Satunya Jaga Nada Suara

Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:31 WIB
loading...
7 Cara Menghindari Zina dengan Mudah, Salah Satunya Jaga Nada Suara
Salah satu cara untuk menghindari perbuatan zina adalah dengan menikah, karena menikah merupakan ibadah agung yang sangat diberkahi Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam islam, setiap muslim dilarang mendekati zina , karena perbuatan ini adalah dosa besar yang dampaknya tidak hanya di akhirat, di dunia pun akan mendapat balasanyang berat.

Larang mendekat zina, sangat jelas diperintah Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an:

وَلَا تَقۡرَبُوا الزِّنٰٓى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً  ؕ وَسَآءَ سَبِيۡلًا


“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”(QS Al-Isra : 32)

Ada banyak perbuatan yang dikategorikan mendekati zina , salah satunya ketika seorang wanita dan laki-laki yang berduaan dengan status belum menikah atau bukan mahram.

Lantas, bagaimana cara menghindari zina? Dikutip dari buku 'Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah' karya Toto Adidarmo, MA dan Drs Mulyadi, ada beberapa cara menghindari zina menurut syariat Islam. Di antaranya:

1. Memperkuat keimanan melalui pendidikan agama

Anak yang mempunyai dasar Pendidikan agama yang kuat, tidak akan mudah goyah dan terjerumus dalam pergaulan bebas. Karena anak yang memahami agama bisa membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang harusnya dijauhi.

Pendidikan agama dapat memperkuat iman seseorang sejak dini, maka itu diharuskan sejak kecil seseorang telah diajarkan Pendidikan agama agar tertanam mana yang dibolehkan dan tidak dibolehkan dalam agama.

2. Melatih karakter diri agar lebih positif

Karakter manusia harus dibentuk sejak dini, agar menjadi pribadi yang memiliki prinsip yang kuat. Sehingga, meski memiliki kesempatan hidup bebas, ia tetap berpegang teguh kepada prinsip hidupnya yang merupakan salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas.

3. Menjaga pandangan

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah SWT melarang hamba-Nya untuk mendekati atau melakukan segala hal yang mendorong terjadinya zina. Oleh karena itu, setiap umat muslim harus menjaga pandangan kepada lawan jenis yang dapat memicu zina. Sebagaimana tertuang dalam hadist berikut ini:

Katakanlah kepada orang yang beriman, “Hendaknya mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat,” (QS. An-Nur: 30)

4. Berpakaian yang menutup aurat

Bagi umat Muslim, baik perempuan atau laki-laki, harus menjaga cara berpakaian agar tidak terjerumus dalam zina. Islam sendiri memiliki aturan dalam menentukan batasan aurat yang harus ditaati oleh setiap muslim.

Dalilnya terdapat dalam hadis riwayat Muslim, Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi:

“Seorang laki-laki tidak boleh Melihat aurat laki-laki lain dan seorang perempuan tidak boleh melihat aurat perempuan lain. Seorang laki-laki tidak boleh bercampur dengan laki-laki lain dalam satu pakaian dan seorang perempuan tidak boleh bercampur dengan perempuan lain dalam satu pakaian.”

5. Menjaga cara berkomunikasi

Mengatur cara berkomunikasi merupakan cara menghindari zina, di antaranya larangan bagi perempuan dalam melebih-lebihkan suara kepada laki-laki. Hal ini adalah godaan terbesar bagi laki-laki dan bisa memicu terjadinya zina. Sesuai dengan Surah Al – Ahzab berikut : “Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya,” (QS. AL-AHZAB: 32).

6. Membatasi campur baur wanita pria (Ikhtilath)

Ikhtilath merupakan suatu tempat dimana pria dan wanita berada dalam waktu yang lama. Misalnya, bercampurnya wanita dan laki-laki di satu tempat seperti kantor, sekolah, angkutan umum, dan sebagainya. Islam telah mengatur pembatasan ikhtilath dalam hadist Nabi Muhammad SAW kepada para wanita yang berbunyi : “Minggirlah kalian, tidak boleh bagi kalian (para wanita) berjalan di tengah jalan, hendaklah kalian berjalan di pinggir jalan,” (HR. Abu Daud)

7. Menikah

Islam menganjurkan umatnya untuk menikah agar terhindar dari zina. Sebagaimana menikah merupakan obat bagi seseorang agar tidak terjerumus dalam zina seperti yang tercantum dalam dasar menikah dalam Islam. Sebagaimana terkandung dalam surah An-Nur ayat 32, yang artinya :

“Dan menikahlah orang-orang yang masih lajang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui,” (QS. An-Nur: 32).

Demikian cara menghindari zina menurut syariat Islam. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3369 seconds (0.1#10.140)