Garda Revolusi Iran Ungkap Misi Satelit Nour-3 Terbaru

Kamis, 28 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
Garda Revolusi Iran Ungkap Misi Satelit Nour-3 Terbaru
Satelit luar angkasa Nour-3 (Light-3) siap diluncurkan ke orbit. Foto/X/@Safarnejad_IR
A A A
TEHERAN - Satelit luar angkasa Nour-3 (Light-3) diluncurkan ke orbit dengan menggunakan roket pembawa Qased (Messenger) pada Rabu (27/9/2023).

Satelit-satelit sebelumnya dalam seri ini mendapat cemoohan dari para pejabat Pentagon. Namun cemoohan itu segera berhenti setelah Iran memamerkan kemampuan pesawat luar angkasa yang mengesankan.

“Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) akan menggunakan satelit Nour-3 untuk mengumpulkan informasi intelijen militer,” ungkap Kepala IRGC Hossein Salami.

“Kami menggunakan pengumpulan apa yang kami terima dari satelit dan (informasi) yang dikumpulkannya dari Bumi untuk memenuhi permintaan intelijen IRGC,” papar Salami dalam pertemuan di Teheran pada Rabu.

Secara terpisah, Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Amir-Ali Hajizadeh mengatakan Nour-3 akan “terlibat dalam pengumpulan sinyal.”

Dia mengungkapkan, pada akhir tahun kalender Iran saat ini (pada Maret 2024), Iran memiliki rencana meluncurkan “ dua satelit lagi.”

“Dengan kemajuan yang kita capai dalam arah ini, dalam waktu yang tidak lama lagi, kita akan memiliki konstelasi satelit di orbit,” ujar Hajizadeh.



Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Iran Issa Zarepour mengumumkan pada hari sebelumnya bahwa Nour-3 telah berhasil diluncurkan ke orbit, sekitar 450 km di atas permukaan bumi.

Iran adalah salah satu dari segelintir negara di dunia yang memiliki kemampuan mengembangkan, memproduksi, meluncurkan dan mengoperasikan satelit secara mandiri, dan bisa dibilang memiliki kemampuan berbasis ruang angkasa yang paling berkembang di Dunia Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)