Ukraina Minta Rudal Jarak Jauh Barat untuk Serang Iran dan Suriah

Kamis, 28 September 2023 - 04:54 WIB
loading...
Ukraina Minta Rudal Jarak Jauh Barat untuk Serang Iran dan Suriah
Ukraina meminta kepada sekutu Baratnya untuk memberikan rudal jarak jauh untuk digunakan menyerang pabrik drone Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina memintakepada sekutu Baratnya untuk memberikan rudal yang akan digunakan untuk menyerang pabrik drone di Rusia , Iran dan Suriah . Hal itu tertuang dalam laporan yang mengungkapkan bahwa drone kamikaze Iran yang digunakan Rusia diisi dengan komponen-komponen Eropa seperti dilaporkan oleh The Guardian.

Menurut laporan The Guardian, dokumen tersebut diserahkan kepada pemerintah G7 oleh pejabat Ukraina pada bulan Agustus lalu.

Menurut dokumen tersebut, Iran telah mendiversifikasi produksinya melalui penggunaan pabrik di Suriah yang melakukan pengiriman ke pelabuhan Novorossiysk di Rusia, namun produksi drone beralih ke Rusia, ke wilayah Tartar tengah di Alabuga, meskipun Teheran terus memasok komponennya.



Ukraina menuduh Rusia telah menggunakan drone model Shahed-131 dan Shahed-136 buatan Iran.

Menurut dokumen yang diperoleh Guardian, 52 komponen listrik yang diproduksi oleh perusahaan barat ditemukan pada drone Shahed-131 dan 57 pada model Shahed-136, yang memiliki jangkauan penerbangan 2.000 km dan kecepatan 180kmh.

“Di antara produsen tersebut terdapat perusahaan yang berkantor pusat di negara-negara koalisi sanksi: Amerika Serikat, Swiss, Belanda, Jerman, Kanada, Jepang, dan Polandia,” klaim laporan itu seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (28/9/2023).

Di antara rekomendasi yang diajukan oleh Ukraina kepada sekutu Baratnya adalah “serangan rudal terhadap pabrik produksi UAV di Iran, Suriah, serta lokasi produksi potensial di federasi Rusia”.



“Hal di atas dapat dilakukan oleh pasukan pertahanan Ukraina jika mitranya menyediakan sarana penghancuran yang diperlukan,” sambung dokumen tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)