Pejabat Ukraina Tahu Tank Abrams AS Tak akan Buat Banyak Perbedaan

Rabu, 27 September 2023 - 00:01 WIB
loading...
Pejabat Ukraina Tahu Tank Abrams AS Tak akan Buat Banyak Perbedaan
Pengiriman tank Abrams M1A1 buatan AS pertama yang tiba di Ukraina berdasarkan kesepakatan yang diselesaikan pada 2022, di pelabuhan di Szczecin, Polandia, 28 Juni 2023. Foto/Cezary Aszkielowicz/Agencja Wyborcza.pl/REUTERS
A A A
KIEV - Para pejabat Ukraina tidak memperkirakan tank tempur utama Abrams buatan Amerika Serikat (AS) akan menjadi penentu dalam konflik dengan Rusia.

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan kedatangan tank tersebut di Ukraina pekan ini.

Menulis di media sosial pada Senin, Zelensky berbagi “kabar baik” dari Kementerian Pertahanan Ukraina tentang pengiriman pertama tank Abrams.

Dia mengklaim tank-tank itu akan “memperkuat brigade kami.” Washington berjanji pada Januari untuk mengirimkan 31 tank Abrams ke Kiev.

WSJ mencatat meskipun Abrams mungkin memiliki “beberapa keunggulan teknis” dibandingkan tank-tank Barat lainnya yang sudah diberikan kepada Ukraina, perbedaannya tidak signifikan.

Sebaliknya, kedatangan mereka “menawarkan dorongan moral bagi pasukan Ukraina,” klaim surat kabar tersebut.

“Para pejabat Ukraina mengakui, empat bulan setelah serangan, kendaraan-kendaraan tersebut tidak akan mengubah bentuk perang secara signifikan,” ujar laporan itu.



Pemerintahan Zelensky sebelumnya memuji pengiriman kemampuan militer baru Barat sebagai pencapaian besar, termasuk pasokan rudal anti-tank Javelin Amerika pada awal konflik dan rudal jelajah Storm Shadow Inggris yang dikirimkan pada Mei.

Kiev saat ini fokus pada pengamanan rudal balistik taktis ATACMS dan jet tempur F-16 dari Washington dan sekutunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)