Heboh, Pameran Seni Ini Pintu Masuknya 2 Model Telanjang

Kamis, 21 September 2023 - 12:58 WIB
loading...
A A A
"Saya menerobos masuk, menyedot perut saya, berusaha untuk tidak menginjak jari kaki siapa pun atau menyentuh apa pun."

Retrospektif ini mengambil setengah abad karier Abramović. Dia adalah seniman wanita pertama yang mengadakan pameran tunggal di galeri utama Royal Academy dalam 255 tahun sejarahnya.

Ben Luke, kritikus dari Evening Standard menganugerahinya empat bintang, dengan menulis: "Untuk sekali ini, ini bukan hype. Saya tidak dapat membayangkan tampilan yang lebih baik, terutama mengingat sebagian besar darinya adalah dokumentasi pertunjukan."

"Pementasan materi ini dalam film dan foto adalah contoh yang patut dicontoh, dan dibantu oleh empat karya live dari momen berbeda dalam karier Abramović, yang dibawakan ulang oleh seniman yang disetujui Marina."

Dia menambahkan: "Saya berjuang untuk membayangkan bagaimana galeri RA yang luas dapat diisi oleh seorang seniman yang praktiknya hanya bersifat sementara, ketika mereka telah menelan dan meremehkan seniman-seniman yang lebih konvensional. Namun tidak ada kesan yang berlebihan. Kecepatannya adalah bagus: tersedia di tempat yang diperlukan, sibuk dan berisik pada saat yang tepat."

Namun antusiasme Alstair Sooke dari The Telegraph kurang. Dalam ulasan dua bintang, dia berkata: "Masalahnya adalah karyanya. Apakah ada kasus yang lebih mengerikan di mana seorang seniman, selama beberapa dekade, kehilangan arah?"

“Pertunjukan dari tahun 1970-an dan 80-an—banyak di antaranya merupakan kolaborasi dengan rekannya saat itu, seniman Jerman; Ulay—masih tampak radikal dan berani, dengan sesuatu yang mendesak untuk disampaikan, misalnya, tentang rumitnya hubungan antara laki-laki dan perempuan, atau peran gender yang dipaksakan oleh masyarakat untuk kita mainkan," paparnya.

Sooke menambahkan: "Namun, seiring berjalannya waktu, ketika Abramović menjadi kurang peduli dengan ketahanan jasmani, dan lebih tertarik untuk menguji pikirannya, dia mulai mempercayai hype tersebut."

"Hasilnya? Seni narsistik, tanpa risiko, tanpa ketangguhan kuno yang keras, mendalam, dan berlumuran darah. Ritual pembersihan, dalam bentuk menggosok tulang, adalah salah satu motifnya—tetapi, pada akhirnya, Abramović telah berakhir membersihkan dirinya sendiri," imbuh dia.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)