3 Negara yang Berbatasan dengan Korea Utara, Nomor Terakhir Paling Berbahaya

Selasa, 19 September 2023 - 14:15 WIB
loading...
3 Negara yang Berbatasan dengan Korea Utara, Nomor Terakhir Paling Berbahaya
Tentara Korea Selatan dan AS berjaga di desa gencatan senjata Panmunjom di dalam zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea, Korea Selatan, 19 Juli 2022. Foto/REUTERS/Kim Hong-Ji
A A A
MOSKOW - Ada sejumlah negara yang berbatasan dengan Korea Utara. Salah satunya memiliki status yang cukup berbahaya jika mengingat sejarah dan hubungan antar negaranya.

Korea Utara merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur. Mereka memiliki ibu kota dan kota terbesar di Pyongyang.

Pada statusnya, Korea Utara telah dikenal luas sebagai negara tertutup. Cukup sedikit akses atau informasi yang diketahui tentang negara itu, termasuk kondisi warga negaranya sekalipun.

Melihat kondisi wilayahnya, Korea Utara juga memiliki beberapa perbatasan dengan negara lain. Berkaca pada status negaranya yang tertutup, perbatasan tersebut juga dijaga ketat untuk mencegah tindakan seperti pembelotan atau sejenisnya.

Lantas, negara mana sajakah yang memiliki perbatasan wilayah dengan Korea Utara? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Negara yang Berbatasan dengan Korea Utara

1. China


China merupakan sebuah negara besar yang berada di kawasan Asia Selatan. Tak hanya memiliki wilayah yang sangat luas, mereka juga termasuk sebagai salah satu negara terpadat di dunia.

Melihat wilayahnya, China memiliki ibu kota negara di Beijing. Sementara itu, kota terbesar dan pusat keuangan berada di Shanghai.

Kemudian, China juga memiliki beberapa perbatasan wilayah dengan negara lain. Salah satunya adalah Korea Utara di bagian utara.

Mengutip Reuters, Selasa (19/9/2023), lokasi perbatasan dengan China menjadi hal menarik bagi warga Korea Utara. Mengingat negaranya yang sangat tertutup, mereka bisa melihat pemandangan langka terkait dunia luar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)