Pakistan Pasok Senjata ke Ukraina dengan Imbalan Utang IMF Dibantu AS

Selasa, 19 September 2023 - 09:57 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang menemukan kesepakatan senjata rahasia untuk Ukraina senilai USD900 juta akan memungkinkan Pakistan menambah hampir beberapa miliar dolar lagi ke jumlah tersebut.

Caranya adalah dengan membujuk AS agar memberi tahu IMF secara rahasia tentang kesepakatan senjata yang dirahasiakan, yang disetujui Washington dalam pertemuan pribadi antara Duta Besar Pakistan untuk AS Masood Khan dan Asisten Menteri Luar Negeri Donald Lu di Departemen Luar Negeri.

Departemen di Washington pada tanggal 23 Mei. Dalam pertemuan itu, Lu dilaporkan telah mengkonfirmasi kepada Khan bahwa AS telah menyelesaikan pembayaran untuk produksi amunisi Pakistan dan secara rahasia akan memberitahu IMF tentang keseluruhan masalah tersebut.

Dalam pertemuan berikutnya di Islamabad, antara Duta Besar Amerika untuk Pakistan Donald Blome dan Menteri Keuangan Pakistan saat itu, Ishaq Dar, mereka membahas masalah IMF yang tampaknya merupakan perkembangan normal pada saat itu.

Kemudian, pada 29 Juni, sehari sebelum program awal berakhir, IMF mengumumkan perjanjian “Pengaturan Siaga” untuk memberikan Pakistan paket pinjaman senilai USD3 miliar yang tampaknya memiliki persyaratan lebih baik dan lebih sedikit persyaratan dibandingkan dengan perjanjian awal.

Hingga pengungkapan ini, masih menjadi misteri bagi banyak orang mengenai bagaimana sebenarnya Pakistan mengatasi perjuangannya untuk mendapatkan pinjaman dan bagaimana negara itu berhasil memperoleh paket yang menguntungkan.

Namun, kesepakatan IMF ini harus dibayar mahal karena persyaratannya menetapkan mata uang negara tersebut akan dibiarkan mengambang bebas tanpa campur tangan Bank Negara Pakistan, dan subsidi energi akan ditarik.

Hal ini mengakibatkan krisis energi yang semakin buruk di kalangan penduduk Pakistan, karena harga energi kini telah melonjak hampir 50% di negara yang kekurangan energi tersebut.

Terlepas dari dampak-dampak tersebut, hal ini dipandang sebagai langkah penting untuk menjamin kelangsungan perekonomian Pakistan dalam jangka pendek, dan para ahli memperkirakan akan terjadi kehancuran ekonomi total.

Hal ini pada dasarnya mengurangi tekanan ekonomi, sekaligus memberikan waktu dan kelegaan bagi militer negara tersebut untuk memperkuat kontrol dan meningkatkan tindakan keras terhadap pendukung mantan perdana menteri terguling, Imran Khan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)