4 Pesan Utama Lawatan Kim Jong Un ke Rusia, Salah Satunya Perang Masa Depan Dikendalikan Korea Utara

Jum'at, 15 September 2023 - 13:44 WIB
loading...
A A A
“Sanksi tentu saja masih sangat ketat dan kebutuhan senjata Rusia memberikan peluang untuk mencapai dua tujuan yang saling melengkapi: pendapatan bagi negara Korea Utara dan bukti bahwa Kim layak mendapat perhatian dari pemimpin kekuatan global yang besar," ungkapnya.


2. Menampilkan Diri sebagai Diktator yang Kuat

4 Pesan Utama Lawatan Kim Jong Un ke Rusia, Salah Satunya Perang Masa Depan Dikendalikan Korea Utara

Foto/Reuters

Sekitar satu jam sebelum kedua pemimpin bertemu, Pyongyang juga menembakkan dua rudal balistik – yang pertama diluncurkan tanpa pemimpinnya berada di dalam negeri.

“KTT ini secara jelas menghubungkan perilaku negara paria di Eropa dan Asia,” kata Leif-Eric Easly, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

Namun di balik kehebohan dan kehebohan tersebut, para pengamat mempertanyakan apakah pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan konkrit. Hanya sedikit yang terungkap ke publik.

“Sampai saat ini, tampaknya belum ada perkembangan substansial yang terjadi di ranah publik,” kata Fyodor Tertitskiy, peneliti militer Korea Utara di Universitas Kookmin di Seoul.

“Kami menyaksikan dua peristiwa besar – tontonan besar yang dirancang khusus untuk penonton asing dan perjanjian yang dirahasiakan di balik pintu tertutup, yang signifikansinya masih belum pasti.”

Tidak ada rincian yang diungkapkan mengenai kesepakatan senjata yang dikhawatirkan Barat akan meningkatkan perjuangan Rusia di Ukraina.

Dan tidak disebutkan satupun mengenai keuntungan tertentu bagi Korea Utara - berupa bantuan pangan, bantuan ekonomi atau pembagian militer dan teknologi, hal-hal yang diinginkan Kim.

Sebaliknya, satu-satunya kemajuan yang diketahui adalah Putin mengisyaratkan bahwa ia berpotensi membantu tujuan luar angkasa dan satelit Kim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)