Ketua DPR AS Usulkan Pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden

Rabu, 13 September 2023 - 00:20 WIB
loading...
Ketua DPR AS Usulkan Pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden
Ketua DPR AS Kevin McCarthy mengusulkan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Kevin McCarthy pada Selasa (12/9/2023) menyerukan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat.

Itu menjadi sebuah langkah yang pasti akan semakin memecah belah anggota parlemen saat mereka berjuang untuk meloloskan undang-undang guna menghindari penutupan pemerintah.

Banyak pihak di partai yang dipimpin McCarthy yang marah ketika DPR, yang saat itu dikuasai oleh Partai Demokrat, dua kali memakzulkan Presiden Partai Republik Donald Trump, pada tahun 2019 dan 2021, meskipun ia dibebaskan kedua kali di Senat.

Beberapa anggota parlemen dari sayap kanan Partai Republik mengatakan mereka akan mencoba mencopot McCarthy dari jabatan pemimpin DPR jika dia tidak melanjutkan upaya pemakzulan terhadap Biden.



Biden, yang mengalahkan Trump pada pemilu tahun 2020, berupaya untuk dipilih kembali pada tahun depan.

“Saya mengarahkan komite DPR kami untuk membuka penyelidikan resmi pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden,” kata McCarthy, dilansir reuters. “Kami akan pergi ke mana pun bukti membawa kami.”

Partai Republik, yang kini hanya menguasai DPR, menuduh Biden mengambil keuntungan saat ia menjabat sebagai wakil presiden dari tahun 2009 hingga 2017 dari usaha bisnis luar negeri putranya, Hunter Biden, meskipun mereka belum memberikan bukti yang kuat.

McCarthy mengatakan anggota parlemen di beberapa komite akan mulai mengumpulkan bukti kemungkinan pelanggaran keuangan.

Seorang mantan rekan bisnis Biden yang lebih muda mengatakan pada sidang DPR bahwa Hunter Biden menjual "ilusi" akses terhadap kekuasaan ketika ayahnya menjadi wakil presiden, menurut transkrip yang dirilis bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)