Iran Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35, Eks Marinir AS Mengakuinya

Selasa, 12 September 2023 - 10:06 WIB
loading...
Iran Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35, Eks Marinir AS Mengakuinya
Iran klaim mampu deteksi jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat yang terbang di atas Teluk Persia. Mantan Marinir AS Alex Hollings akui F-35 bisa terdeteksi dalam kondisi tertentu. Foto/National Interest
A A A
TEHERAN - Para pejabat Iran telah menjadi berita utama pada akhir pekan lalu. Itu lantaran mereka mengeklaim radar militer Teheran mampu mendeteksi jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) yang terbang di atas Teluk Persia.

Alex Hollings, mantan personel Marinir AS yang beralih menjadi pakar kebijakan dan teknologi pertahanan, mengakui kemampuan Iran tersebut. Namun, kata dia, hal itu tidak membuat militer Washington menjadi khawatir.

Klaim para pejabat Teheran tersebut telah memicu banjir kritik di media sosial bahwa program pesawat tempur siluman senilai USD1,7 triliun yang tidak lagi menawarkan keunggulan strategis atas Iran.

“Selama beberapa hari terakhir, beberapa dari pesawat ini terbang di atas Teluk Persia dan sepenuhnya dipantau oleh radar kami sejak mereka lepas landas,” kata seorang pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip Al Mayadeen yang berbasis di Beirut.



Menurut Hollings, yang menulis pendapatnya di National Interest, Senin (11/9/2023), pada kenyataannya klaim Iran tersebut sangat mungkin benar.

Namun, kata dia, hal tersebut tidak akan menimbulkan dampak yang mungkin dipikirkan oleh banyak orang.

Menurutnya, pesawat tempur siluman telah lama dapat dideteksi melalui frekuensi radar tertentu dan hal ini bukanlah hal yang baru atau meresahkan bagi perencana militer.

Hollings mengatakan ada kesalahpahaman populer tentang teknologi jet tempur siluman yang seolah-olah mustahil terdeteksi radar.

Menurutnya, tak hanya F-35, setiap pesawat tempur generasi ke-5, apa pun asalnya, dapat dideteksi dalam kondisi yang tepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)