Petinju Tak Terkalahkan Gustavo Lemos Dihapus dari Mandatory Kelas Ringan IBF

Selasa, 12 September 2023 - 11:11 WIB
loading...
Petinju Tak Terkalahkan Gustavo Lemos Dihapus dari Mandatory Kelas Ringan IBF
Petinju Tak Terkalahkan Gustavo Lemos Dihapus dari Mandatory Kelas Ringan IBF/Boxing Scene
A A A
Petinju tak terkalahkan Gustavo Lemos dicopot dari status mandatory atau penantang wajib kelas ringan IBF. Para pejabat IBF telah mengkonfirmasi kepada BoxingScene.com bahwa petinju kelas ringan Argentina yang tak terkalahkan ini tidak lagi menjadi penantang wajib.

Pembaruan peringkat terbaru membuat Lemos dikeluarkan sama sekali dari peringkat 15 besar IBF setelah ia mengalami penurunan berat badan dan dipaksa keluar dari pertandingan yang direncanakan pada tanggal 18 Agustus di Buenos Aires, Argentina. Posisi nomor satu kini dibiarkan kosong, seperti yang biasa terjadi di IBF, dimana peraturannya mengharuskan seorang petarung untuk memenangkan laga perebutan gelar terakhir untuk dapat menduduki posisi tersebut.



Mantan pemegang gelar juara dunia tinju kelas bulu dan tinju bersatu, George Kambosos Jr (21-2, 10KO), berada di peringkat kedua, berdasarkan kemenangan angka mutlak yang diraihnya atas petinju Inggris, Maxi Hughes, pada laga perebutan gelar di semifinal tanggal 22 Juli lalu. Peringkat ketiga dipegang oleh peraih medali emas Olimpiade dua kali dan mantan pemegang gelar tiga divisi, Vasiliy Lomachenko (17-3, 11KO).

Devin Haney (30-0, 15KO) adalah juara bertahan kelas ringan WBA, IBF dan WBO. Ia sepenuhnya menyatukan divisi ini dengan kemenangan dominan atas Kambosos dari Australia pada 5 Juni lalu di Melbourne, di mana ia kembali pada 15 Oktober lalu untuk mengulangi kemenangannya.

Dalam pertarungan terakhirnya, Haney menang tipis atas Lomachenko dalam pertemuan mereka pada 20 Mei lalu di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Sejak saat itu, ia diturunkan peringkatnya menjadi 'Juara dalam Masa Istirahat' karena gagal mempertahankan gelar wajib WBC melawan Shakur Stevenson (20-0, 10KO), yang membutuhkan lawan.

Secara luas diyakini bahwa Haney pada akhirnya akan sepenuhnya turun takhta kelas ringan, sambil menunggu hasil dari tantangan yang ditargetkannya terhadap pemegang gelar kelas welter junior WBC, Regis Progais. Kenaikan berat badannya untuk menghadapi pemegang gelar dua kali 140 pon ini akan dilakukan pada bulan Desember. Kemenangan Haney akan membuat WBA, IBF dan WBO akan mengharapkan Haney membuat keputusan di kelas berapa ia akan bertanding untuk laga berikutnya.



Terlepas dari bagaimana hasilnya, waktu yang tepat bagi Lemos, yang meraih peringkat nomor satu sebelumnya setelah menang KO pada ronde keenam atas mantan pemegang gelar juara kelas bulu Lee Selby pada 26 Maret lalu di Estadio Luna Park. Kemenangan tersebut merupakan pertarungan terakhirnya hingga saat ini.

Masa tidak aktifnya selama 18 bulan ini termasuk penangkapan pada bulan Juli lalu karena menolak untuk ditangkap setelah polisi menanggapi keributan sebelum fajar yang melibatkan petinju yang tak terkalahkan ini di kampung halamannya di Tres Arroyos.

Upayanya yang gagal untuk kembali ke atas ring pada bulan Agustus harus dibayar mahal dalam berbagai hal. Ia kehilangan bayaran, kesempatan untuk mengguncang ring dan sekarang secara resmi dianggap tidak layak untuk bertanding di kelas ringan, setidaknya di mata IBF.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)