Uni Eropa Yakin Ukraina Adalah Negara yang Sangat Korup

Selasa, 12 September 2023 - 00:48 WIB
loading...
Uni Eropa Yakin Ukraina Adalah Negara yang Sangat Korup
Ukraina diyakini sebagai negara korup sehingga sulit bergabung dengan Uni Eropa. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Korupsi yang meluas di Ukraina dapat menghambat upaya Kiev untuk menjadi anggota UE. Hal itu diungkapkan seorang diplomat Eropa Barat kepada Politico.

Diplomat itu mengatakan upaya Presiden Ukraina Vladimir Zelensky untuk mengatasi masalah ini juga telah membuat Brussels khawatir.

Ukraina mengajukan permohonan keanggotaan di Uni Eropa pada Februari lalu, dan secara resmi diberikan status kandidat empat bulan kemudian.

Meskipun Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen diperkirakan akan membahas masalah perluasan ini dalam pidato kenegaraannya pada hari Rabu, dan Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel telah berjanji untuk menerima semua negara kandidat pada tahun 2030, upaya Ukraina untuk maju bisa terhambat oleh korupsi yang merajalela.

"Ukraina adalah negara yang sangat korup,” kata seorang diplomat Eropa Barat yang tidak mau disebutkan namanya kepada Politico.

“Kami ingin memberikan sinyal positif kepada Ukraina, namun hal-hal seperti usulan untuk memberikan lebih banyak wewenang kepada badan intelijen [Ukraina] dalam menangani korupsi dapat mengirimkan pesan yang salah.”

Usulan tersebut diajukan oleh Zelensky bulan lalu. Menyusul pembersihan pejabat yang diduga korup di Kementerian Pertahanan Ukraina, Zelensky mengumumkan bahwa ia akan menugaskan Dinas Keamanan Ukraina (SBU) untuk menyelidiki dan mengadili kasus-kasus korupsi, sehingga mengambil kewenangan investigasi dari berbagai lembaga anti-korupsi di negara tersebut.

SBU hanya melapor kepada Zelensky. Perwakilan dari lembaga antikorupsi di Ukraina mengatakan kepada Politico bulan lalu bahwa dengan menjadikan SBU satu-satunya badan yang diizinkan untuk menyelidiki kasus-kasus ini, Zelensky pada dasarnya memberikan dirinya kekuatan untuk memutuskan pejabat korup mana yang harus diadili dan mana yang harus dilindungi.



Ada preseden mengenai ketakutan ini, kata kepala Pusat Aksi Anti-Korupsi (ACAC), Vitaly Shabunin. Oleg Tatarov, wakil kepala kantor Zelensky, sedang diselidiki oleh Biro Anti-Korupsi Nasional Ukraina (NABU) tahun lalu, ketika kasus tersebut secara tak terduga dipindahkan ke SBU. “Ia dikuburkan di sana,” kata Shabunin. “Sekarang kantor [Zelensky] ingin menerapkannya.”

Ukraina selama bertahun-tahun menduduki peringkat salah satu negara paling korup di dunia. Menurut Indeks Persepsi Korupsi Transparency International, pada tahun 2022, negara ini berada di peringkat 116 dari 180.

Selain masalah korupsi, perselisihan antara Ukraina dan negara-negara Eropa mengenai pertanian juga dapat menghambat upaya Kiev untuk menjadi anggota. Para petani Ukraina dapat melemahkan rekan-rekan mereka di Eropa dengan ekspor biji-bijian yang murah, yang berarti bahwa UE kemungkinan harus mereformasi Kebijakan Pertanian Bersama jika Ukraina ingin diterima.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)