Banjir Bandang Landa Hong Kong, 1 WNI Tewas

Sabtu, 09 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
Banjir Bandang Landa Hong Kong, 1 WNI Tewas
Banjir bandang di Hong Kong menewaskan 1 orang WNI. Foto/Reuters
A A A
HONG KONG - Seorang WNI dengan inisial DI dilaporkan hanyut akibat banjir yang melanda Hong Kong selama tanggal 7 dan 8 September 2023.

Pada Sabtu siang (9/9/2023), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong mendapat informasi dari Otoritas Hongkong bahwa DI telah ditemukan dalam keadaan meninggal. "Jenazah DI saat ini telah dievakuasi dan berada di RS Hongkong," demikian keterangan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha.

KJRI Hong Kong telah menyampaikan kabar duka ini kepada pihak keluarga di Blitar, Jawa Timur. KJRI bersama pihak majikan dan agensi tenaga kerja akan memfasilitasi pemulangan jenazah ke Indonesia.

"DI tercatat sebagai pekerja migran Indonesia di Hongkong sejak 2016 dan bekerja sebagaigardener," kata Judha.

Sebelumnya, curah hujan yang memecahkan rekor melumpuhkan sebagian besar wilayah Hong Kong pada Jumat (8/9/2023), dengan banjir bandang menenggelamkan stasiun metro dan membuat pengemudi terjebak di jalan raya. Sementara pihak berwenang meliburkan sekolah dan mendesak masyarakat untuk mencari perlindungan yang aman.

Foto dan video menunjukkan warga mengarungi air banjir berwarna coklat keruh saat hujan lebat terus menggenangi kota berpenduduk 7,5 juta jiwa itu. Di beberapa daerah dataran rendah, jalan-jalan berubah menjadi arus deras, sehingga pihak berwenang terpaksa menyelamatkan pengendara yang terjebak di dalam kendaraan mereka.

Melansir CNN, banjir dimulai pada Kamis malam (7/9/2023), dengan Observatorium Hong Kong mencatat curah hujan lebih dari 158 milimeter antara pukul 23.00 hingga 22.00 dan tengah malam, curah hujan per jam tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

Kondisi ekstrem ini mengejutkan banyak warga dan terjadi hanya beberapa hari setelah Hong Kong dilanda topan terkuat dalam lima tahun.

Topan Saola, awalnya merupakan topan super, melemah hingga setara dengan badai Kategori 2 saat mencapai Hong Kong akhir pekan lalu – namun masih cukup kuat untuk menutup kota tersebut dan menyebabkan ratusan pembatalan penerbangan. Delapan puluh enam orang terluka akibat topan tersebut.

Stuart Hargreaves, seorang warga Hong Kong dan profesor, terpaksa bermalam di mobilnya setelah terdampar saat dalam perjalanan pulang pada Kamis malam. Jalan-jalan yang terendam banjir “tidak dapat dilalui,” katanya; pada satu titik, “air masuk ke kap mobil dan saya pikir air itu akan membanjiri mesin.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)