10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Jum'at, 08 September 2023 - 02:09 WIB
loading...
10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga
Nomofobia merupakan fobia di mana orang takut tidak memiliki ponsel. Foto/Wonder List
A A A
WASHINGTON - Semua orang takut terhadap sesuatu hal dan itu adalah hal yang normal. Ketakutan menghalangi orang mencapai sesuatu dalam hidup.

Namun, keadaan menjadi sulit ketika ketakutan ini berubah menjadi fobia . Cara fobia mengendalikan tubuh dan pikiran orang dapat menyulitkan orang untuk menghadapi objek atau hal yang sebenarnya bukan ancaman.

Seringkali fobia muncul secara acak dan tidak memiliki makna mendasar. Namun, sebagian besar berkembang karena trauma yang tidak diketahui atau diketahui.

Berikut adalah 10 fobia paling aneh di dunia.

1. Xanthofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Melansir Wonder List, ketakutan terhadap suatu warna, terutama kuning, tentu terkesan aneh. Namun, faktanya Xanthophobia berkembang karena keterikatan warna kuning pada pengalaman yang mengganggu.

Misalnya, di China, orang-orang mulai takut dengan warna kuning karena warna tersebut merupakan warna syal kekaisaran yang menandakan perintah untuk bunuh diri. Karena hubungan ini, orang mulai takut terhadap benda apa pun yang berwarna kuning meskipun tidak ada hubungannya dengan tatanan tersebut.

Jika seseorang menderita xanthophobia, mereka akan menutup mata dengan cemas atau bahkan mengalami serangan panik jika melihat sesuatu yang tidak berbahaya seperti bunga bakung. Orang-orang seperti itu juga sulit makan limun, keju, pisang, dan telur.


2. Hylofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Berasal dari kata Yunani Hylo, yang berarti hutan, dan fobia, yang berarti ketakutan, hylophobia mungkin merupakan fobia yang paling mudah dipahami dalam daftar ini, karena hutan selalu digambarkan dalam serial dan film sebagai tempat yang sepi dan menakutkan.

Namun, ada perbedaan antara fobia dan rasa takut ditinggal sendirian di hutan. Orang yang menderita hylophobia menjadi sangat cemas dan menunjukkan gejala lain seperti mual, mulut kering, keringat berlebih, gemetar, dan sebagainya.

3. Turofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Dapatkah orang membayangkan ada fobia yang timbul karena rasa takut terhadap produk susu? Katie Weston adalah salah satu orang yang menderita fobia keju setelah semasa kecil ia pernah terkena benang keju yang membuatnya muntah di tempat sampah temannya.

Kejadian ini traumatis baginya dan menjauhkannya dari keju selamanya. Bahkan jika seorang teman mencoba mendekatkan seutas keju, dia akan merasa cemas. Bahkan bau keju pun terlalu menyengat untuk dia tangani.

4. Omfalofobia

Ini adalah satu lagi fobia yang sangat aneh, omphalophobia, di mana seseorang takut terhadap pusar. Dalam hal ini, seseorang tidak hanya takut pada pusar orang lain, tetapi juga pada pusarnya sendiri.

Orang-orang seperti itu tidak akan menyentuh pusarnya sendiri dan bahkan jika mereka melihatnya, hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa. Selebriti seperti Jenny Frost dan Khloe Kardashian menderita masalah ini.

5. Ombrofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Baik itu adegan aksi dramatis atau adegan percintaan, hujan hampir tidak ditampilkan sebagai sesuatu yang berbahaya, namun hal ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah diyakini oleh para ombrofobia.

Meski hanya gerimis kecil, penderitanya bisa mengalami serangan panik atau merasa seperti akan tersapu banjir. disebabkan oleh hujan. Kebanyakan orang berpikir bahwa alasan dibalik fobia ini, sama seperti kebanyakan kasus lainnya, adalah pengalaman menyakitkan yang berhubungan dengan hujan.

6. Nomofobia

Nomophobia adalah salah satu fobia yang mungkin diderita banyak orang di generasi sekarang. Ini adalah ketakutan tidak memiliki kontak seluler. Saat ini, karena sebagian besar orang dewasa muda sangat bergantung pada ponsel mereka, wajar jika timbul rasa cemas ketika memikirkan ketidakmampuan menggunakan ponsel.

Menurut sebuah penelitian, pria memiliki peluang lebih besar terkena nomofobia dibandingkan wanita. Statistik juga menunjukkan bahwa 65% orang Amerika tidur dengan ponsel di sebelahnya, itu penting. Selain itu, satu dari lima orang tidak keberatan pergi tanpa sepatu bahkan selama seminggu, namun tidak bisa bertahan tanpa ponsel.

7. Uranofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Yang ini sungguh, sangat aneh. Ada orang-orang yang memiliki rasa takut yang aneh akan surga dan merasa mual, sangat takut, dan pusing bahkan ketika memikirkan atau menyebut kata surga.

Alasan di balik hal ini mungkin karena besarnya surga dan hal-hal yang dapat diharapkan, seperti bertemu dengan Sang Pencipta, para malaikat, dan orang-orang yang kita kasihi – semua ini mungkin terlalu berlebihan.

8. Papafobia

Fobia ini adalah fobia dimana penderitanya memiliki rasa takut terhadap Paus. Ada begitu banyak skandal seputar Gereja Katolik sehingga orang-orang menjadi takut terhadap otoritas tertinggi Gereja, yaitu Paus sendiri.

Alasan lainnya mungkin karena penderitanya hanya takut terhadap sesuatu yang sakral. Beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penderitanya

Hal ini termasuk sesak napas, rasa takut atau cemas, jantung berdebar-debar, dan napas cepat saat membayangkan menyaksikan Paus.

9. Triskaidekafobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Ini adalah fobia yang paling umum dan begitu banyak orang yang menderita hal ini sehingga beberapa kantor sama sekali tidak memiliki lantai 13. Di masyarakat Amerika Serikat, angka 13 sangat ditakuti.

Ada banyak alasan di balik asal usul ketakutan ini, salah satunya adalah alasan Al Kitab. Sejak akhir abad ke-19, sebagian orang mengira bahwa ketakutan terhadap angka 13 bermula dari kalangan agama karena Yudas, sang pengkhianat, adalah orang ke-13 yang bergabung dengan Kristus pada Perjamuan Terakhir.

Selain itu, banyak kejadian malang yang juga melibatkan angka 13, sehingga menambah ketakutan.

10. Tripofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Beberapa psikiater percaya bahwa gejala yang terkait dengannya tidak menjadikannya fobia sama sekali. Namun, psikiater lain percaya bahwa perasaan tidak nyaman dan cemas yang dialami orang ketika melihat bentuk atau pola menyerupai lubang kecil, memang menjadikannya fobia yang wajar.

Penderita fobia ini merasa tidak nyaman ketika melihat tubuh buah stroberi, kepala biji teratai, atau benda lain yang berlubang-lubang kecil dan berdekatan.

Banyak orang yang menderita fobia ini dan fobia aneh lainnya dan tidak banyak yang perlu dikhawatirkan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)