Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat 2 Pesawat Pengintai AS di Atas Laut Hitam

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 03:15 WIB
loading...
Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat 2 Pesawat Pengintai AS di Atas Laut Hitam
Jet tempur Su-27 Rusia. Foto/Finnish Air Force/Handout via REUTERS
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Su-27 Rusia mencegat pesawat pengintai RC-135 Angkatan Udara dan pesawat patroli P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam pada Kamis. Kementerian Pertahanan Moskow merilis video intersepsi tersebut hari Jumat.

"Pada 30 Juli 2020, dua target udara terdeteksi mendekati perbatasan negara Federasi Rusia di mana Rusia mengendalikan wilayah udara atas perairan netral Laut Hitam," kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dilansir Reuters, Sabtu (1/8/2020).

“Untuk mencegat target, sebuah jet tempur Su-27 dari pasukan Pertahanan Udara Distrik Militer Selatan yang bertugas dikirim ke udara. Awak jet tempur Rusia secara konsisten mendekati objek-objek udara (kedua pesawat AS) pada jarak yang aman," lanjut kementerian tersebut. (Baca: 2 Jet Tempur Su-35 Rusia Cegat Pesawat AS, Berisiko Tabrakan di Udara )

Kementerian itu mengindikasikan jet tempurnya melakukan intersepsi sesuai dengan aturan penerbangan internasional.

Pernyataan kementerian itu juga mengindikasikan bahwa dua pesawat militer AS berpaling menjauh dari perbatasan Rusia.

Intersepsi oleh jet tempur Moskow tidak menimbulkan alarm dalam komando militer AS. Sebelumnya, juru bicara komando Angkatan Udara AS di Eropa sebelumnya mengatakan kepada American Military News; "Sebagian besar interaksi aman dan profesional dan kecuali interaksi tidak aman, kami tidak akan membahas detail spesifik."

Pada Mei lalu, jet tempur Su-27 dan Su-30 Rusia mencegat pesawat pembom Lancer B-1B AS di atas Laut Baltik dan Laut Hitam.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)