Jurnalis Selandia Baru Klaim Akan Disuap dan Diintimidasi Pejabat Indonesia, Kemlu Menyangkal

Rabu, 06 September 2023 - 23:17 WIB
loading...
Jurnalis Selandia Baru Klaim Akan Disuap dan Diintimidasi Pejabat Indonesia, Kemlu Menyangkal
Delegasi Indonesia di KTT Pemimpin Melanesia di Port Villa. Foto/ RNZ Pacific / Kelvin Anthony
A A A
WELLINGTON - Seorang jurnalis Radio New Zealand mengatakan seorang pejabat pemerintah Indonesia berusaha menyuap dan mengintimidasi dia pada pertemuan para pemimpin Melanesian Spearhead Group ke-22 baru-baru ini di Port Vila.

Pemerintah Indonesia telah memberikan tanggapan pada Senin (4/9/2023) dengan mengatakan bahwa mereka “pasti akan mempertimbangkan” klaim tersebut.

Jurnalis RNZ Kelvin Anthony berada di Port Vila untuk meliput KTT Pemimpin MSG dua minggu lalu ketika dia ditawari “hadiah” setelah wawancara eksklusif dengan Duta Besar Indonesia untuk Australia, Siswo Pramono.

“Saya ditawari wawancara eksklusif dengan Duta Besar Indonesia untuk Australia pada pertemuan MSG setelah awal pekan ini diberitahu oleh Ardi Nuswantoro bahwa pemerintahnya tidak menyukai apa yang dipublikasikan RNZ tentang Papua Barat dan hal itu tidak seimbang,” katanya, dilansir RNZ.



“Saya menyakinkan para delegasi bahwa RNZ melakukan segala upaya untuk bersikap seimbang dan adil dan kami ingin memihak Indonesia juga, namun kami memerlukan kesempatan untuk berbicara secara terbuka.”

Usai berkomunikasi tatap muka dan online melalui WhatsApp - SMS dan catatan panggilan dilihat RNZ, Anthony datang ke Holiday Inn Resort pada pukul 12.00 untuk wawancara pada Rabu, 23 Agustus.

“Saya mewawancarai Pramono untuk membahas serangkaian pertanyaan luas termasuk masalah hak asasi manusia di Papua Barat, pertemuan MSG, dan niat Jakarta di Pasifik, yang berlangsung lebih dari 40 menit,” kata Anthony.

“Saya pikir saya telah melakukan wawancara eksklusif yang menghasilkan cerita yang kuat dari pertemuan tersebut yang menyentuh isu-isu sensitif namun relevan yang melibatkan Indonesia, isu Papua Barat, dan Pasifik.”

Anthony mengatakan dia diantar keluar dari ruang tunggu di akhir wawancara dan didampingi oleh setidaknya tiga pejabat Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)