Mengenal Mossad, Badan Intelijen yang Dituding Menjual Suku Cadang Rusak oleh Iran

Senin, 04 September 2023 - 19:43 WIB
loading...
Mengenal Mossad, Badan Intelijen yang Dituding Menjual Suku Cadang Rusak oleh Iran
Bendera Israel dengan latar kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Tudingan terhadap Mossad Israel adalah isu yang sering muncul dalam konflik antara Israel dan Palestina. Terutama berkaitan dengan program nuklir dan rudal Iran.

Iran sendiri menuduh Mossad berada di balik rencana untuk menyabotase industri pertahanan dan produksi rudalnya.

Negara tersebut mengklaim jika Mossad telah memasok suku cadang rusak berisi bahan peledak yang telah diatur untuk meledak dalam waktu tertentu.

Lantas, siapa itu Mossad yang dituduh menyabotase sistem pertahanan dan produksi rudal itu? Berikut ulasannya.

Mossad adalah badan intelijen nasional Israel yang bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen, operasi rahasia, dan kontra-terorisme. Lembaga itu memiliki target terutama negara yang berada di dekatnya, seperti negara-negara Arab dan organisasi lain yang ada di seluruh dunia.

Mossad didirikan pada tanggal 13 Desember 1949 oleh Perdana Menteri Israel saat itu, David Ben-Gurion. Tujuannya yakni meningkatkan kerja sama antara layanan keamanan yang ada.



Sejak awal pendiriannya, Mossad telah memiliki ribuan personel. Jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat seiring dengan kebutuhannya dalam menjaga keamanan wilayahnya.

Sebagai salah satu satuan yang bertugas secara rahasia, identitas Mossad tidak diketahui secara detail oleh masyarakat sipil. Meski begitu, struktur dari Mossad ini dapat diketahui oleh masyarakat secara umum.

Mossad terdiri dari beberapa divisi yang dipimpin direktur setara dengan jenderal mayor dalam Pasukan Pertahanan Israel. Direktur Mossad hanya bertanggung jawab kepada Perdana Menteri Israel dan tidak kepada Knesset.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)