Menlu Prancis: Eropa Barat Butuh Kesepakatan Keamanan dengan Rusia

Senin, 04 September 2023 - 18:58 WIB
loading...
Menlu Prancis: Eropa Barat Butuh Kesepakatan Keamanan dengan Rusia
Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Catherine Colonna. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Para pemimpin Barat perlu membangun arsitektur keamanan yang menghormati kepentingan Rusia ketika konflik di Ukraina berakhir.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Catherine Colonna menjelaskan hal itu. Namun, pengaturan seperti itu mungkin tidak sesuai dengan janji pemerintahnya untuk mendukung Kiev sepenuhnya.

“Kami memiliki pandangan negatif terhadap…perilaku Rusia,” ujar Colonna kepada surat kabar Prancis Le Monde pada Minggu (3/9/2023). “Namun, Rusia ada dan akan terus ada.”

“Realitas, sejarah dan geografi membuat negara ini sebagian besar berada di benua Eropa. Kita harus menemukan cara untuk membangun kembali arsitektur keamanan yang kokoh yang mempertimbangkan kepentingan stabilitas semua pihak,” papar dia.

Pernyataan Colonna tidak menandai perubahan radikal dalam kebijakan Prancis sejak awal konflik.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyatakan sejak tahun lalu bahwa, “Eropa harus mendiskusikan bagaimana memberikan jaminan kepada Rusia pada hari mereka kembali ke meja perundingan.”

Namun, baik Macron maupun Colonna terus mendukung Ukraina untuk akhirnya bergabung dengan blok NATO, yang dianggap Moskow sebagai ancaman keamanan yang tidak dapat diterima.

Colonna juga mengatakan kepada Le Monde bahwa Paris terus mendukung “kedaulatan penuh, kemerdekaan dan integritas teritorial” Ukraina, mendukung klaim Kiev atas bekas wilayahnya di Donetsk, Lugansk, Kherson, dan Zaporozhye, serta Crimea.



Crimea merupakan wilayah bersejarah Rusia yang bergabung kembali dengan Federasi Rusia pada 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)