Moskow Tolak Jelaskan Maksud Pengerahan Rudal Iskander-M ke Kaliningrad

Minggu, 26 Maret 2017 - 20:39 WIB
Moskow Tolak Jelaskan Maksud Pengerahan Rudal Iskander-M ke Kaliningrad
Moskow Tolak Jelaskan Maksud Pengerahan Rudal Iskander-M ke Kaliningrad
A A A
MOSKOW - Rusia mengaku tidak akan memberikan penjelasan kepada NATO perihal pengerahan rudal Iskander-M ke Kaliningrad. NATO adalah pihak yang paling menolak keras pengerahan rudal Iskander-M ke wilayah di dekat perbatasan Rusia dan sejumlah negara Baltik tersebut.
NATO, seperti diketahui telah beberapa kali mendesak Rusia untuk menjelaskan maksud dari pengerahan rudal Iskander-M ke Kaliningrad. NATO menilai, pengerahan rudal ini menimbulkan ancaman serius kepada negara-negara tetangga Rusia, khususnya kepada negara anggota NATO.
Direktur Departemen Kerjasama Eropa Kementerian Luar Negeri Rusia Andrei Kelin menuturkan, adalah hak Rusia untuk mengerahkan sistem persentajaan di wilayah Rusia. Oleh karena itu, dia tidak akan menjelaskan perihal pengerahan rudal tersebut saat pertemuan Dewan Kerjasama Rusia-NATO.
"Tidak akan ada laporan mengenai hal ini, tidak ada pembicaraan tentang ini," ucap Kellin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (26/3).
Dia kemudian menyatakan, fokus pembahasan pertemuan Dewan Kerjasma Rusia-NATO mendatang adalah membahas isu-isu bilateral kedua belah pihak, termasuk di dalamnya normalisasi hubungan keduanya.
"Kami prihatin tentang penyebaran yang sekarang terjadi di barat, di negara-negara Baltik. Inilah yang akan menjadi fokus pembicaraan, yakni transparansi, pertukaran pendapat dan penghapusan keprihatinan yang ada," ucap Kallin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4459 seconds (0.1#10.140)