Sama-sama Republik Islam, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran vs Pakistan

Sabtu, 02 September 2023 - 11:44 WIB
loading...
Sama-sama Republik Islam, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran vs Pakistan
Sama-sama Republik Islam, ini perbandingan kekuatan militer Iran dengan Pakistan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Iran dan Pakistan adalah dua negara dengan sistem republik Islam yang kekuatan militernya tidak bisa dianggap remeh.

Pakistan adalah salah satu negara di Asia yang pasukan militernya tidak boleh dianggap sebelah mata. Pakistan menjadi satu-satunya negara mayoritas Islam yang memiliki senjata nuklir.

Pakistan memiliki status Sekutu Utama Non-NATO (MNNA) dengan Amerika Serikat (AS). Persediaan militer Pakistan mencakup beragam peralatan, terutama dari China, Prancis, Rusia, Turki, Inggris, dan AS. Pakistan juga memiliki industri pertahanan dalam negeri yang besar. Tiongkok adalah pemasok senjata asing terkemuka ke Pakistan.

Sedangkan Iran, sebuah negara di Timur Tengah, menjadi momok bagi Amerika Serikat (AS) dan Israel. Negara ini juga memiliki program nuklir yang dipandang Barat sebagai upaya untuk mendapatkan senjata nuklir.

Lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer Iran dengan Pakistan?

Seperti disebutkan di atas, Iran adalah negara yang terletak di kawasan Timur Tengah. Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 1.648.195 km2 dengan batas darat 5.894 km dan garis pantai 2.440 km. Sebagai catatan, Iran juga berbatasan dengan Laut Kaspia (740 km).

Iran memiliki pasukan yang disebut sebagai Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) yang dibentuk pada Mei 1979. IRGC adalah kekuatan militer yang sangat terlembaga dan sejajar dengan angkatan bersenjata reguler Iran.

Persediaan militer Iran mencakup campuran peralatan yang diproduksi di dalam negeri dan peralatan asing yang sebagian besar berasal dari Tiongkok, Rusia, Soviet, dan AS. Iran memiliki industri pertahanan dengan kapasitas untuk mengembangkan, memproduksi, mendukung, dan mempertahankan program senjata udara, darat, rudal, dan angkatan laut.

Sementara Pakistan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan dengan luas wilayah 796.095 km2 dengan batas darat 7.257 km dan garis pantai 1.046 km.

Dalam daftar peringkat kekuatan militer dunia yang dirilis situs Global Fire Power, Iran menduduki peringkat 17 dengan nilai index power 0,2712. Sementara peringkat Pakistan 10 tingkat lebih baik dari Iran (7) dengan nilai index power 0,169

Perbandingan Militer Iran vs Pakistan

1. Perbandingan Anggaran dan Personel Militer


Iran tercatat memiliki personel militer sebanyak 1.015.000 dengan personel aktif mencapai 575.000, personel cadangan 350.000 dan paramiliter 90.000. Sedangkan untuk anggaran militer, Iran memiliki anggaran sebesar USD5.550.000.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)