Apakah Jet Tempur Tercepat di Dunia Saat Ini?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:15 WIB
loading...
Apakah Jet Tempur Tercepat di Dunia Saat Ini?
MiG-25 menjadi pencegat Uni Soviet pertama yang mampu mencapai kecepatan Mach 2,83 (sekitar 3.000 kilometer per jam). Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Sejak pesawat pertama terbang pada awal abad ke-20, para insinyur penerbangan di seluruh dunia telah berupaya membuat pesawat yang dapat terbang paling cepat.

Upaya mereka menjadi semakin mendesak ketika sudah jelas bahwa pesawat dapat digunakan dalam peperangan.

Kecepatan memberi pesawat tempur keunggulan tersendiri dalam pertempuran, memungkinkannya mengejar atau berlari lebih cepat dari pesawat musuh.

Meski demikian, pesawat harus cukup kokoh untuk menahan tekanan yang disebabkan akselerasi kecepatan. Belum lagi desain pesawat harus memperhitungkan kekuatan gravitasi yang harus dihadapi pilot.

Sepanjang era penerbangan, banyak pesawat tempur yang diklaim sebagai pesawat tercepat, namun kemudian dilampaui pesawat tempur yang lebih baru dan lebih maju.

Jadi pesawat tempur mana yang saat ini bisa disebut sebagai yang tercepat dari jenisnya di dunia? Berikut ini penjelasan Sputnik.

Pesawat Tempur Tercepat di Dunia


Terlepas dari kenyataan Amerika Serikat telah lama menikmati reputasi sebagai negara yang mungkin memiliki angkatan udara militer paling kuat dan canggih dalam sejarah, pesawat tempur tercepat di dunia yang memasuki layanan adalah MiG-25, pencegat supersonik yang dirancang di Uni Soviet pada tahun 1960-an.

Awalnya ditunjuk sebagai proyek E-155, pesawat prototipe yang kemudian menjadi MiG-25 melakukan uji terbang pertamanya pada tahun 1964.

Uji coba negara terhadap pesawat perang baru ini berlanjut dari tahun 1965 hingga 1970, dengan para insinyur Soviet meluangkan waktu mereka karena keunikan desain pesawat tersebut.

Pernah Intai Israel dan AS


Beberapa uji terbang dilakukan di atas Semenanjung Sinai, wilayah Mesir yang diduduki pasukan Israel saat itu.

Pesawat Soviet itu melakukan penerbangan pengintaian di wilayah tersebut sementara pesawat Israel dan sistem pertahanan udara berbasis darat tidak dapat mengimbanginya.

Pada tahun 1972, MiG-25 secara resmi diadopsi Angkatan Pertahanan Udara Uni Soviet sebagai senjata yang memungkinkan Uni Soviet melawan pembom supersonik dan pesawat pengintai AS.

Ditunjuk sebagai “Foxbat” oleh aliansi NATO, MiG-25 menjadi pencegat Soviet pertama yang mampu mencapai kecepatan Mach 2,83 (sekitar 3.000 kilometer per jam).

Meskipun MiG-25 mempunyai daya dorong yang cukup untuk mencapai kecepatan Mach 3,2, pilot disarankan tidak melebihi batas kecepatan Mach 2,83 untuk menghindari mesin terlalu panas.

Pada Agustus 1977, pilot uji Soviet Alexander Fedotov yang menerbangkan MiG-25 memecahkan rekor dunia ketinggian untuk pesawat jet pernapasan udara (37.650 meter) yang belum terpecahkan hingga hari ini.

Berbagai modifikasi MiG-25 diekspor Uni Soviet ke negara lain dan ikut serta dalam konflik yang tidak melibatkan Uni Soviet.

Misalnya, pada tahun 1991 satu jet MiG-25 Irak menembak jatuh pesawat tempur F/A-18 Hornet AS, sehingga menyebabkan satu-satunya kekalahan tempur udara-ke-udara AS yang diakui secara resmi selama Perang Teluk.

Meskipun beberapa negara masih menggunakan jet tempur MiG-25, pesawat tempur tersebut telah dipensiunkan sebagian besar negara yang menggunakannya, termasuk Rusia.

MiG-25 juga dianggap sebagai satu-satunya pesawat yang mampu mencapai kecepatan di atas Mach 3.0 yang saat ini digunakan oleh angkatan udara.

Pesawat Apa Yang Lebih Cepat dari MiG-25?


Meskipun MiG-25 masih dianggap sebagai pesawat tempur tercepat yang diproduksi secara massal di dunia, namun ini bukanlah pesawat tercepat secara keseluruhan.

Misalnya, pesawat pengintai SR-71 Blackbird AS, yang dirancang dan dibangun oleh Lockheed dan diadopsi oleh AS pada tahun 1960an, dapat mencapai kecepatan Mach 3,4.

Faktanya, keberadaan pesawat mata-mata cepat di gudang senjata AS lah yang mendorong pengembangan MiG-25 oleh Uni Soviet.

SR-71, bagaimanapun, bukanlah pesawat tempur, meskipun saat ini dianggap sebagai pesawat jet berawak tercepat di dunia.

Pesawat pencegat YF-12, yang dirancang serupa oleh Lockheed, juga patut disebutkan. Pesawat ini, yang penerbangan pertamanya dilakukan pada tahun 1963, juga mampu melampaui kecepatan Mach 3 dan, tidak seperti Blackbird, dapat membawa beberapa rudal udara-ke-udara.

Sayangnya, YF-12 tidak pernah melewati tahap prototipe, dan hanya tiga pesawat yang dibuat sebelum Angkatan Udara AS kehilangan minat pada proyek tersebut.

Meskipun militer AS tampaknya tidak menggunakan YF-12, pesawat tersebut digunakan oleh NASA untuk tujuan penelitian.

XB-70 Valkyrie adalah prototipe pembom strategis supersonik yang dikembangkan oleh North American Aviation pada tahun 1950-an.

Valkyrie, prototipe pembom B-70 yang direncanakan, mampu terbang di atas 20.000 meter di mana ia dapat melaju dengan kecepatan Mach 3 dan (sedikit) lebih tinggi, yang seharusnya membuat pesawat ini tidak dapat disentuh oleh pencegat musuh.

Kejatuhan Valkyrie terjadi setelah para pejabat militer AS menyadari pesawat tersebut tidak kebal terhadap rudal permukaan-ke-udara yang digunakan oleh Uni Soviet.

Meskipun pengembangan pembom dibatalkan, beberapa Valkyrie yang diproduksi digunakan untuk tujuan penelitian hingga pesawat ini akhirnya pensiun pada akhir tahun 1960-an.

Lalu Ada X-15, pesawat bertenaga roket AS yang dirancang oleh North American Aviation, yang penerbangan pertamanya dilakukan pada tahun 1959.

Pesawat eksperimental ini, dibuat untuk tujuan penelitian dan pengujian, mampu terbang dengan kecepatan Mach 6,7, sehingga menetapkan rekor dunia untuk kecepatan tertinggi yang dicatat oleh pesawat bertenaga berawak.

Hanya tiga X-15 yang dibuat sebelum pesawat tersebut pensiun pada akhir tahun 1960-an. Meski begitu, X-15 bukanlah pesawat jet, seperti yang terlihat dari deskripsi “bertenaga roket”, juga bukan pesawat tempur.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)