Apakah Jet Tempur Tercepat di Dunia Saat Ini?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:15 WIB
loading...
Apakah Jet Tempur Tercepat di Dunia Saat Ini?
MiG-25 menjadi pencegat Uni Soviet pertama yang mampu mencapai kecepatan Mach 2,83 (sekitar 3.000 kilometer per jam). Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Sejak pesawat pertama terbang pada awal abad ke-20, para insinyur penerbangan di seluruh dunia telah berupaya membuat pesawat yang dapat terbang paling cepat.

Upaya mereka menjadi semakin mendesak ketika sudah jelas bahwa pesawat dapat digunakan dalam peperangan.

Kecepatan memberi pesawat tempur keunggulan tersendiri dalam pertempuran, memungkinkannya mengejar atau berlari lebih cepat dari pesawat musuh.

Meski demikian, pesawat harus cukup kokoh untuk menahan tekanan yang disebabkan akselerasi kecepatan. Belum lagi desain pesawat harus memperhitungkan kekuatan gravitasi yang harus dihadapi pilot.

Sepanjang era penerbangan, banyak pesawat tempur yang diklaim sebagai pesawat tercepat, namun kemudian dilampaui pesawat tempur yang lebih baru dan lebih maju.

Jadi pesawat tempur mana yang saat ini bisa disebut sebagai yang tercepat dari jenisnya di dunia? Berikut ini penjelasan Sputnik.

Pesawat Tempur Tercepat di Dunia


Terlepas dari kenyataan Amerika Serikat telah lama menikmati reputasi sebagai negara yang mungkin memiliki angkatan udara militer paling kuat dan canggih dalam sejarah, pesawat tempur tercepat di dunia yang memasuki layanan adalah MiG-25, pencegat supersonik yang dirancang di Uni Soviet pada tahun 1960-an.

Awalnya ditunjuk sebagai proyek E-155, pesawat prototipe yang kemudian menjadi MiG-25 melakukan uji terbang pertamanya pada tahun 1964.

Uji coba negara terhadap pesawat perang baru ini berlanjut dari tahun 1965 hingga 1970, dengan para insinyur Soviet meluangkan waktu mereka karena keunikan desain pesawat tersebut.

Pernah Intai Israel dan AS


Beberapa uji terbang dilakukan di atas Semenanjung Sinai, wilayah Mesir yang diduduki pasukan Israel saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)