8 Negara di Eropa dengan Jumlah Masjid Terbanyak

Senin, 21 Agustus 2023 - 16:01 WIB
loading...
8 Negara di Eropa dengan Jumlah Masjid Terbanyak
Orang-orang berjalan di dekat Masjid Nabi Muhammad, masjid terbesar di Eropa menurut otoritas setempat, setelah upacara peresmian di kota Shali, Chechnya, Rusia, 23 Agustus 2019. Foto/REUTERS/Said Tsarnayev
A A A
ISTANBUL - Eropa telah menjadi pusat peradaban dan keberagaman budaya selama berabad-abad. Meskipun sejarah benua ini lebih dikenal dengan pengaruh agama Kristen dan tradisi Barat, tidak dapat disangkal bahwa Eropa juga merupakan rumah bagi berbagai agama lainnya, termasuk Islam.

Di seluruh Eropa, terdapat sejumlah masjid yang melayani komunitas Muslim yang berkembang pesat. Kita akan menjelajahi negara-negara di Eropa dengan jumlah masjid terbanyak.

1. Turki


Turki, sebagai negara dengan sejarah panjang dalam peradaban Islam, memiliki jumlah masjid yang sangat besar.

Jumlah pasti masjid di Turki sulit untuk ditentukan karena ada ribuan masjid di seluruh negeri. Namun, diperkirakan ada lebih dari 80.000 masjid di Turki.

Meskipun sebagian besar wilayahnya terletak di Anatolia, wilayah Asia Kecil, sebagian kecil terletak di Eropa dengan kota Istanbul yang menjadi rumah bagi banyak masjid terkenal seperti Masjid Biru dan Masjid Hagia Sophia.

2. Rusia


Rusia adalah negara terbesar di dunia yang meluas di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Diperkirakan terdapat sekitar 25.000 hingga 30.000 masjid di Rusia.

Bagian Eropa Rusia memiliki populasi Muslim yang signifikan, terutama di wilayah Kaukasus Utara dan Tatarstan.

Dengan populasi Muslim yang besar, banyak masjid didirikan untuk melayani komunitas Muslim di wilayah ini.

3. Prancis


Prancis memiliki populasi Muslim yang cukup besar, terutama di kawasan metropolitan seperti Paris.

Terdapat sejumlah masjid yang tersebar di seluruh negara ini, yang melayani berbagai komunitas Muslim dari berbagai latar belakang budaya.

Diperkirakan terdapat lebih dari 2.500 masjid di Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)