Negara-negara NATO Akui AS Izinkan Pengiriman F-16 ke Ukraina

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Ukraina telah meminta F-16 dari pendukung Baratnya selama berbulan-bulan, dengan alasan mereka akan membantu melawan superioritas udara Rusia.

Sementara Kiev belum menerima jet modern, Inggris dan Belanda mengumumkan “koalisi internasional” pada Mei untuk membantu Ukraina mendapatkan F-16 dan melatih pilot negara tersebut. Grup ini sekarang terdiri dari 11 negara.

Namun, menurut laporan media, upaya menginstruksikan pilot Ukraina terhambat oleh keterlambatan transfer manual penerbangan dan simulator, dengan kendala bahasa juga menyebabkan masalah.

Terhadap latar belakang ini, pejabat Ukraina mengatakan mereka memperkirakan tidak menerima F-16 sampai tahun 2024.

Permintaan Ukraina untuk pesawat tempur juga datang selama serangan balasannya yang banyak dipuji terhadap Rusia, yang sejauh ini gagal mendapatkan landasan apa pun, menurut Moskow.

Para pejabat Ukraina telah berusaha menjelaskan lambatnya kemajuan dengan menunjukkan keunggulan Rusia di udara.

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Barat agar tidak memberi Ukraina F-16, dengan mengatakan mereka "akan terbakar" seperti persenjataan lain yang dipasok Barat.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memperingatkan pesawat dapat meningkatkan permusuhan karena mereka berpotensi membawa senjata nuklir.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)