5 Senjata Era Uni Soviet Paling Mengerikan, 2 di Antaranya Membuat Pasukan Nazi Kewalahan

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:06 WIB
loading...
A A A
Pada kemampuannya, Mig-15 cepat, bermanuver, dan bersenjata lengkap. Hal inilah yang sempat membuat jet tempur AS kewalahan ketika berjumpa.

Salah satu penggunaan Mig-15 pernah dilakukan dalam Perang Korea sekitar tahun 1950-1959. Pada perkembangannya, pesawat ini juga sempat aktif digunakan angkatan udara dari puluhan negara berbeda.


4. RPG-7

RPG-7 adalah peluncur roket era Uni Soviet yang terbukti mematikan. Desain senjata ini mengikuti konsep ‘Bazooka’ milik Amerika Serikat dengan tujuan menghancurkan lapis baja dari jarak jauh.

RPG-7 diperkenalkan pada 1961. Memiliki panjang keseluruhan 950mm, peluru bisa ditembakkan dengan kecepatan 115 meter per detik dengan jarak efektif hingga 200 meter.

Sebagai peluncur anti-tank, RPG-7 memang bukanlah yang akurat. Namun, pengalaman operasinya menunjukan keefektifan dari persenjataan ini lebih cocok untuk menyerang kendaraan ringan daripada tank canggih. Peluncur ini cukup sukses digunakan saat Perang Vietnam dan sejumlah konflik bersenjata lainnya.

5. AK-47

Dibandingkan deretan senjata era Uni Soviet lain di atas, AK-47 mungkin menjadi yang paling populer sampai sekarang. Bahkan, penggunaannya masih kerap dijumpai di beberapa tempat.

AK-47 bukanlah sekadar senapan serbu biasa. Pada perkembangannya, senjata ini telah menjadi ikon dan menjadi favorit para gerilyawan dan kelompok militan lain.

Terinspirasi dari Stg-44 milik Nazi Jerman, AK-47 dirancang dengan lebih sederhana, murah, dan tahan lama. Senjata ini adalah pilihan paling tepat untuk melatih para wajib militer Soviet yang masih awam.

Terlepas dari riwayat penggunaannya sampai sekarang, AK-47 juga menjadi salah satu senjata yang paling banyak membunuh orang di bumi.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)