HIMARS Amerika di Ukraina Lenyapkan 4 Howitzer Msta Rusia, Para Tentara Moskow Kabur

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:07 WIB
loading...
HIMARS Amerika di Ukraina Lenyapkan 4 Howitzer Msta Rusia, Para Tentara Moskow Kabur
Ukraina rilis video serangan HIMARS pasokan Amerika Serikat telah melenyapkan empat howitzer Msta Rusia di Donetsk. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Kementerian Pertahanan Ukraina telah membagikan rekaman video baru yang menunjukkan serangan HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) melenyapkan empat howitzer Msta Rusia di wilayah Donetsk timur.

Kementerian itu, pada Senin pagi, mengatakan empat howitzer self-propelled Msta Rusia dihancurkan oleh tembakan sempurna Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS).

Rekaman video, yang diduga diambil dari drone di dekat posisi pasukan Rusia, menunjukkan para tentara Moskow melarikan diri setelah beberapa ledakan.

Kendati demikian, kementerian tersebut tidak merinci kapan atau di mana video itu direkam.



Ukraina telah berulang kali membagikan rekaman tentang pasukannya menggunakan HIMARS untuk menargetkan posisi Rusia. Menurut Departemen Pertahanan Amerika, senjata itu telah digunakan pasukan Kyiv sejak Juni 2022, dan sejauh ini Washington telah memasok 38 HIMARS beserta amunisinya.

HIMARS dan artileri lainnya termasuk dalam daftar bantuan keamanan Kyiv yang diinginkan dari sekutu Baratnya dan penggunaan artileri yang efektif adalah kunci untuk serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung.

"Artileri sangat penting dalam perang ini," kata Davis Ellison, seorang analis strategis di Hague Center for Security Studies kepada Newsweek, yang dilansir Selasa (15/8/2023).

Kyiv berharap dapat mendorong mundur pasukan Moskow dari garis depan di Ukraina selatan dan timur dalam ofensifnya saat ini, yang sekarang telah berjalan di bulan ketiga.

Belum jelas jenis senjata Msta Rusia mana yang menjadi sasaran HIMARS, tetapi menurut outlet intelijen sumber terbuka Belanda, Oryx, Rusia telah kehilangan total 272 varian Msta sejak pecahnya perang habis-habisan di Ukraina pada Februari 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)