Kemampuan Bermain Video Games Ternyata Berguna di Medan Perang Rusia-Ukraina

Selasa, 15 Agustus 2023 - 03:55 WIB
loading...
A A A
Harganya yang murah — masing-masing sekitar beberapa ratus dolar — membuatnya sangat murah dibandingkan dengan drone Bayraktar bernilai jutaan dolar yang mendapat perhatian besar di awal invasi skala penuh. Drone tersebut sebagian besar telah menghilang dari langit Ukraina karena dihancurkan Rusia.

Kecil dan gesit, drone FPV dapat memiliki dampak yang sangat besar — rekaman video yang beredar online minggu lalu dari pandangan mata FPV tampaknya menunjukkan bahwa ia menghancurkan salah satu tank T-90 Rusia yang bernilai jutaan dolar. Angkatan Udara Ukraina membagikan rekaman FPV yang menyerang T-90 lainnya.

Tapi taktik, yang diadopsi secara massal oleh pasukan Ukraina, jauh dari sempurna. Operator Ukraina mengatakan mereka memiliki tingkat keberhasilan sekitar 50-80% – jauh lebih rendah daripada drone lain yang lebih mahal yang digunakan dalam pertempuran, menurut The Economist.

Rusia juga ahli dalam menggunakan pengacau sinyal elektronik, yang dapat mengganggu GPS pada drone dan komunikasi radio.

Sebuah laporan yang dirilis pada bulan Mei oleh Royal United Services Institute di Inggris memperkirakan bahwa Ukraina kehilangan rata-rata 10.000 drone per bulan. "Dengan drone kecil kemungkinan merupakan sebagian besar senjata mereka," kata pakar drone James Patton Rogers kepada Insider.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)