PM Anwar Ibrahim Tetap Berjaya pada Pemilu Negara Bagian, Apa Rahasianya?

Minggu, 13 Agustus 2023 - 22:30 WIB
loading...
PM Anwar Ibrahim Tetap Berjaya pada Pemilu Negara Bagian, Apa Rahasianya?
Pemilu parlemen di 6 negara bagian di Malaysia menjadi referendum penting bagi pemerintahan PM Anwar Ibrahim. Foto/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Pemilih di Malaysia telah mendukung status quo politik dalam pemilihan daerah yang penting. Itu memberikan koalisi berkuasa Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim, meskipun oposisi konservatif masing-masing mengendalikan tiga negara bagian.

Pemilihan parlemen pada Sabtu (12/8/2023) di enam dari 13 negara bagian Malaysia secara luas dilihat sebagai referendum kepemimpinan Anwar.

Data dari Komisi Pemilihan Umum menunjukkan aliansi multietnis Pakatan Harapan (PH) Anwar menang di tiga negara bagian yang dipegangnya sebelum pemungutan suara: Selangor dan Penang, yang merupakan negara terkaya, serta Negeri Sembilan.

Hasilnya juga menunjukkan aliansi Perikatan Nasional (PN) yang didukung PAS mempertahankan posisinya di jantung negara bagian Kedah, Kelantan, dan Terengganu utara.

Anwar menyambut baik hasil dan menyerukan persatuan.

“Ini keputusan rakyat. Kita harus menghormati keputusan ini,” kata Anwar dilansir Reuters.



“Pemerintah federal tetap kuat setelah jajak pendapat ini dan kami akan terus mempromosikan Malaysia yang makmur,” tambahnya.

Oposisi, bagaimanapun, menyebut hasil itu sebagai "kekalahan" bagi koalisi yang berkuasa.

Muhyiddin Yassin, yang memimpin PN, mencatat perolehan kuat oleh blok oposisi, termasuk di Selangor di mana ia meningkatkan porsi kursinya dari lima pada pemilihan sebelumnya menjadi 22 dan menyangkal mayoritas dua pertiga dari koalisi yang berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2421 seconds (0.1#10.140)