Intip Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbesar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 12:55 WIB
loading...
Intip Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbesar
Seorang muslim berdoa setelah salat Iduladha di Masjid Nanguan, Yinchuan, Ningxia Hui, China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - BRICS merupakan kelompok ekonomi dunia yang belakangan ini sering menjadi perhatian. Anggotanya terdiri atas Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Pada perkembangannya, BRICS muncul dengan membawa banyak program yang menarik perhatian. Beberapa pengamat bahkan mulai menyebutnya sebagai ancaman kelompok ekonomi negara Barat dan sejenisnya.

Melihat deretan anggotanya, BRICS berisikan negara-negara berpengaruh di dunia. Melihat status warga negaranya, mereka juga memiliki penganut agama Islam yang cukup besar, meski tidak menjadi mayoritas. Berikut urutannya.

Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbesar

1. India


India adalah negara di kawasan Asia Selatan. Pada perkembangannya, mereka selalu masuk jajaran teratas dari negara terpadat di dunia.

Agama mayoritas di India adalah Hindu. Meski demikian, mereka juga memiliki populasi Muslim dengan angka yang besar.

Mengutip The Times of India, warga Muslim di India diperkirakan mencapai 14,2% dari total populasi negara tersebut. Hal ini disampaikan Menteri Smriti Irani di Lok Sabha beberapa waktu lalu.

Untuk angkanya sendiri, persentase tersebut diperkirakan mencapai hampir 200 juta jiwa.

2. Rusia


Rusia merupakan salah satu negara berpengaruh yang menjadi anggota BRICS. Meski kerap memunculkan sederet kontroversi di dunia internasional, tetap saja keberadaannya tetap disegani negara lain.

Pada statusnya, Rusia menjadi salah satu negara terpadat dengan wilayahnya yang membentang luas. Selain itu, mereka juga memiliki penduduk beragama Islam yang cukup banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)