5 Fakta Mengerikan Fentanil, Narkoba yang Murah dan Mematikan

Kamis, 10 Agustus 2023 - 03:25 WIB
loading...
A A A
"Dengan jumlah kematian dan kehancuran yang (fentanil) menyebabkan, kita tidak dapat melihat penyitaan itu sebagai keberhasilan," kata Chris Urben, agen DEA berpangkat tinggi hingga 2021 yang sekarang menjadi direktur pelaksana di intelijen perusahaan Nardello & Co. Urben mengatakan lembaga seperti DEA dan CBP membutuhkan lebih banyak dana untuk mengambil fentanil.

5. Murah dan Kuat

"Murah dan kuat, fentanil memungkinkan pendekatan perdagangan senapan,” kata Bryce Pardo, petugas penelitian di Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan. "Kirim lebih banyak kurir dengan jumlah yang lebih kecil."

Sebagian besar fentanil yang diperdagangkan oleh Kartel Sinaloa melintas di pelabuhan masuk perbatasan AS, seringkali di dalam kompartemen mobil rahasia, menyamar di antara kargo dan disekresikan dalam tubuh bagal narkoba.

Puluhan kasus kriminal baru-baru ini mengilustrasikan strategi ini. Pada bulan April, seekor anjing pelacak di pelabuhan masuk El Paso memberi tahu pihak berwenang tentang dua bungkusan pil fentanil biru yang disembunyikan di dalam panel seperempat bagian belakang Ford Escape, menurut pengaduan pidana.

Fentanil dapat diproduksi di ruang kecil dengan peralatan dasar. Di hutan atau apartemen kota, laboratorium yang mudah disembunyikan. Terbebas dari keinginan alam, seorang "juru masak" dapat menghasilkan zat-zat tersebut dalam hitungan hari, sepanjang tahun.

"Selama bahan kimia prekursor tersedia, pasokan obat jadi “hampir tidak ada habisnya,” kata Pardo. “Potensi produksi global untuk fentanil sangat besar.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)